Balitbangda Kukar Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Litbang Se Kaltim 

Muhammad Akbar | Sabtu, 08 Okt 2022 12:00 WITA
Balitbangda Kukar Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Litbang Se Kaltim  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar, sukses menggelar pelatihan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan di Hotel Aston Samarinda, Sabtu (8/10/2022).

Adapun tema kegiatan ini ialah 'Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kelitbangan dalam Rangka Mewujudkan Kutai Kartanegara yang Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri'.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Balitbangda Kukar, Ir Didi Ramyadi, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, perwakilan Pemkab Kukar, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kukar Totok Heru Subroto, Kepala Badan Litbang Provinsi Kaltim Ir H Fitriansyah, Kepala Riset dan Inovasi Nasional Dr Rizki Maharani, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kaltim, Sofian.

Totok Heru Subroto selaku perwakilan pemerintah daerah mengatakan, pihaknya berharap agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut pelatihan bersama-sama ini telah mendapatkan ilmu dan pengetahuan untuk peningkatkan kualitas SDM di bidang Litbang.

"Serta mendiskusikan beberapa hal berkaitan dengan Kelitbangan sebagai upaya revitalisasi dan transformasi untuk memperkuat fungsi pemerintah daerah bagi penyelenggaraan tugas-tugas penelitian," katanya.

Totok juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para narasumber, serta apresiasi kepada para peserta atas kesediaan dan kesungguhannya dalam mengikuti pelatihan ini.  

“Saya berharap kepada setiap ASN agar jangan pernah berhenti menimba ilmu pengetahuan dengan terus belajar dan belajar," harap Totok.

Beberapa catatan penting dalam diskusi pada pelatihan ini jelasnya, sebagai upaya untuk mengoptimalkan fungsi Kelitbangan guna menumbuhkan kompetensi dan kapasitasnya, serta menggali potensi pendayagunaannya dalam menjalankan Kelitbangan.

“Balitbangda Kutai Kartanegara tetap perlu menjalin komunikasi dan koordinasi serta pelibatan tim narasumber guna mendapatan policy advocacy, mengingat para ahli memiliki perspektif lebih kaya, bukan hanya akademik, tetapi juga implementasi keilmuan untuk pengambilan kebijakan," tegas Totok.

Diketahui, pelatihan ini juga diikuti oleh seluruh ASN Balitbangda kabupaten/kota se-Kaltim dan dilaksanakan selama dua hari di Samarinda. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar