Bupati Ajak Masyarakat Jaga Semangat Gotong Royong dan Kolaborasi di Ajang Festival Kuda Lumping 

Muhammad Akbar | Minggu, 19 Mar 2023 12:00 WITA
Bupati Ajak Masyarakat Jaga Semangat Gotong Royong dan Kolaborasi di Ajang Festival Kuda Lumping  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Ajang Festival Kuda Lumping (Jaran Kepang) se-Kecamatan Tenggarong yang dimulai pada 15 Maret lalu, di halaman Parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, resmi ditutup Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Minggu malam (19/3/2023).  

Dalam penutupan festival tersebut, ditandai pemukulan beduk oleh Bupati Kukar bersama Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadirahardjo.  

Kegiatan itu juga dirangkai dengan penyerahan tropi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba yang diserahkan oleh Bupati Kukar, Kadispar Kukar, Kadis PMD Kukar Arianto, Kadis Perikanan dan Kelautan Kukar Muslik, dan Camat Tenggarong Sukono.  

Dalam kesempatan itu, Bupati Edi juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para peserta festival Kuda Lumping sebagai apresiasi mengikut festival tersebut.  

Bupati Edi, mengatakan selama beberapa hari terakhir ini masyarakat telah disuguhkan dan menyaksikan pertunjukan yang luar bisa dan semangat penuh dari para penari dan pemain kuda lumping. Dan telah melihat betapa indahnya budaya kuda lumping dan semangat kebersamaan yang terjalin di antara peserta selama acara ini.  

"Saya menyampaikan terima kasih 4 paguyuban yang diberikan kesempatan tampil pada festival ini, yaitu 2 kelompok dari Kecamatan Tenggarong, 1 kelompok dari Kecamatan Loa Kulu, dan 1 kelompok lagi dari Kecamatan Tenggarong," ujarnya.

Menurutnya, pertunjukan kuda lumping, tidak hanya sekadar hiburan. Namun juga menjadi sarana untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Melalui pertunjukan ini, generasi muda dapat belajar tentang nilai-nilai budaya, sejarah, dan tradisi yang diwariskan dari nenek moyang.  

"Saya sangat menghargai dan mengapresiasi seni pertunjukan kuda lumping ini. Karena selain memberikan hiburan yang menarik, juga memiliki nilai-nilai yang sangat penting untuk dipelajari dan dijaga keberlangsungannya baik di Kukar maupun Indonesia," serunya.   

Selanjutnya, kata Edi kepada para pemenang lomba-lomba yang diselenggarakan pada sore hari, yaitu lomba lato-lato, lomba makan kerupuk dan lomba fashion show kasual Selamat atas pencapaian preastasinya terus tingkatkan kemampuan dan daya saing agar menjadi pribadi yang Tangguh.

"Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, mari kita secara bersama-sama untuk terus menjaga dan melestarikan semangat gotong royong dan berkolaborasi guna terciptanya sinergi yang baik antara pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha," pintanya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar