Bupati: BPD dan Pemerintah Desa Harus Miliki Visi yang Sama Dengan Pemkab Kukar

Muhammad Akbar | Senin, 01 Mei 2023 12:00 WITA
Bupati: BPD dan Pemerintah Desa Harus Miliki Visi yang Sama Dengan Pemkab Kukar -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pembukaan pembinaan peningkatan kapasitas Anggota Badan Permusyawaraan Desa (BPD) se- Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2023, dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) di Ball Room Mulawarman, Grand Elty Tenggarong, Senin (1/5/2023). 

Pelaksanaan kegiatan tersebut digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, yang ditandai dengan pengalungan Id Card dan Tas kepada peserta oleh Sekda Kukar Sunggono didampingi Kepala DPMD Kukar Arianto.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekda Kukar, Sunggono mengatakan dengan diselenggarakannya pelatihan ini, sangat berharap seluruh Anggota BPD terutama yang baru pertama kali menjabat, akan memiliki bekal serta pemahaman yang cukup mengenai pengetahuan pemerintahan desa khususnya yang berkaitan langsung dengan tiga fungsi BPD. 

Lanjut kemudian Bupati Kukar juga berharap, agar pelatihan tersebut nantinya akan dapat memperluas cakrawala pemikiran peserta pelatihan, dalam memandang persoalan-persoalan yang tengah dihadapi oleh masyarakat desa dan lebih luasnya masyarakat Kukar. 

Sebagaimana diketahui bersama, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan penegasan mengenai kelembagaan BPD beserta fungsi, tugas, kewenangan dan hak BPD.

BPD adalah lembaga yang melakukan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari warga Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis. 

"Maka hal itu, BPD dan Pemerintah Desa harus memiliki visi yang sama atau sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten yakni Mewujudkan Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala DPMD Kukar Arianto dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dengan jumlah 10 angkatan.  

Angkatan pertama tersebut, kata Arianto berjumlah 126 orang dan dibagi menjadi dua kelas masing-masing kelas berjumlah 62 orang dan 63 orang. 

"Dengan menghadirkan narasumber/pemateri dari DPMD Kaltim 2 orang dan DPMD Kukar 7 orang," tuturnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar