Bupati Kukar Dorong Peningkatan Kinerja Kepala OPD dan Pejabat Administrator

Muhammad Akbar | Jumat, 12 Mei 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Dorong Peningkatan Kinerja Kepala OPD dan Pejabat Administrator -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga kepada semua camat serta dengan Pejabat Administrator, Bupati Kukar Edi Damansyah memberikan pengarahan agar untuk peningkatan kinerja.

Arahan tersebut disampaikan Bupati Kukar saat melaksanakan senam bersama di halaman kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) pada Jumat (12/5/2023) pagi.

Dikesempatan itu, Bupati mengatakan pendekatan manajemen birokrasi menekankan pada kebutuhan organisasi untuk berfungsi secara seimbang, seperti hierarki kepemimpinan yang terdefinisi dengan baik, dengan prinsip rasionalitas, objektif dan konsisten. 

Seiring dengan hal tersebut, Pemkab Kukar konsen terhadap peningkatan kualitas manajemen birokrasi sebagai pendorong akselerasi pencapaian kinerja pembangunan yang lebih baik. 

"Pada momen senam bersama ini, dianggap sebagai komitmen kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan capaian kinerja yang lebih baik," ucapnya.

Lanjut kemudian Bupati menyampaikan beberapa point penting, kepada seluruh OPD, Camat dan Pejabat Administrator, bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memahami Tugas dan Fungsinya dengan baik.  

Ditambahkan lagi Bupati, Ia meminta agar dilakukan pemetaan stakeholders yang berkaitan dengan pencapaian kinerja individu dan organisasi.

Maka Kepala OPD dan seluruh jajaran hingga pejabat Administrator, menyusun analisis stakeholders untuk memastikan bahwa pihak-pihak mana saja yang terkait dengan pencapaian tujuan dan sasaran kinerja, dan selanjutnya membangun jaringan kerja dan kemitraan yang produktif, dengan mengagendakan pertemuan-pertemuan berkala untuk mengkomunikasikan permasalahan secara berkesinambungan.

“Hal tersebut merupakan dorongan dan dukungan kebijakan agar Setiap OPD harus menyusun kerangka kerja kolaboratif yang ditetapkan oleh OPD, dalam bentuk Satandar Operasional Prosedur (SOP), maupun Proses Bisnis pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) di masing-masing OPD,” jelasnya.  

Edi Damansyah juga meminta agar diciptakan ekosistem kerja yang sehat, harmonis dan produktif. Kepala OPD harus membangun sistem kerja yang dapat memotivasi seluruh staf untuk bekerja dengan profesional, kolaboratif dan bertanggung jawab, dengan mengimplementasikan peraturan kepegawaian secara tertib dan konsisten berbasis data dan informasi yang relevan dan aktual.

Dukungan Kebijakannya BKPSDM mensosialisasikan peraturan perundang-undangan secara terus menerus terkait disiplin dan penilaian kinerja kepada seluruh OPD, seperti penguatan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang ideal dan pelaksanaan Dialog Kinerja antara atasan dan bawahan yang terorganisir. 

"Hal itu semua merupakan komitmen kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan capaian kinerja yang lebih baik," demikian ujarnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar