Bupati Kukar; Koper Basah Diharap Mampu Menjawab Persoalan Usaha Perikanan

Muhammad Akbar | Selasa, 25 Okt 2022 12:00 WITA
Bupati Kukar; Koper Basah Diharap Mampu Menjawab Persoalan Usaha Perikanan -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Edi Damansyah Bupati Kukar, resmi meluncurkan progaram inovasi Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kukar yang diberi nama Koper Basah (Komunitas Peduli Perikanan Berdaya saing Hulu- Hilir, di teras karamba Rini anggota kelompok Mina Mitra Jaya Loa Kulu Kota., Selasa (25/10/2022).

Kepala DKP Kukar Muslik, melaporkan bahwa Koper Basah dibentuk untuk mewadahi pelaku usaha perikanan di area Loa Jukuts (Loa Kulu, Loa Janan, Tenggarong, dan Tenggarong Seberang). 

Tujuannya untuk membangun ekosistem usaha perikanan yang mensejahterakan dan berkelanjutan. Kemudian sebagai media komunikasi, pusat data informasi dan pembelajaran dan pelatihan. 

Serta kata Muslik, komunitas ini diharapkan mampu mendorong pelibatan semua stakeholder untuk membangun sktor perikanan, karena sangat penting untuk pembangunan perekonomian Kukar. 

"Launching Koper Basah ini juga merupakan dukungan pembangunan pertanian berbasis kawasan program Kukar Idaman, " ujarnya. 

Sementara, Bupati Edi Damansyah berharap inovasi DKP itu bisa memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi pembudidaya ikan, misalnya pakan, benih dan pemasaran.  

"Inovasi ini hendaknya bisa dilaksanakan dengan baik oleh DKP, kami Pemkab Kukar mensupport melalui program Kukar Idaman salah satunya program 25 ribu nelayan produktif, " ujarnya. 

Edi juga berharap inovasi tersebut juga bisa diterapkan di Kecamatan lainnya di Kukar, dan Loa Jujukuts ini sebagai pilot project-nya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar