Bupati Kukar Serahkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal

Muhammad Akbar | Senin, 17 Apr 2023 12:00 WITA
Bupati Kukar Serahkan Zakat Fitrah dan Zakat Maal -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kukar Berkah Berzakat di Masjid Agung Sultan Sulaiman, dihadiri Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, dan sekaligus memberikan apresiasi dan dukungan atas kinerja Badan Amil Zakat (Baznas) Kukar, pada Senin (17/4/2023).

Menurut Bupati Kukar Edi Damansyah, kinerja para orang - orang yang ada di lingkup Badan Amil Zakat (Baznas) dapat memberikan kerja nyata dan transparan dalam bekerja.

"Kami berharap orang-orang yang di dalam Baznas ini agar benar-benar bersih, clear dan clean, saya tidak mau nanti terjadi penyimpangan dana Baznas dipakai oknum tertentu pengurus Baznas," tegasnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan dukungan dari seluruh umat Islam di Kutai Kartanegara khususnya, akan berdampak pada optimalisasi pendistribusian dan pendayagunaan zakat, yang selanjutnya berimplikasi terhadap pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemoderasian kesenjangan sosial.

"Baznas Kutai Kartanegara periode 2022 - 2027 ini sudah mulai menunjukkan kinerjanya dan eksistensi, tinggal bagaimana supaya masyarakat Kukar dari 193 desa, 44 kelurahan dan 20 kecamatan ini tahu, bahwa keberadaan BAZNAS dari tingkat kabupaten hingga kelurahan dan desa, bahkan di OPD -OPD, ini tantangan," ujarnya.

Edi berharap dari kegiatan Berkah Berzakat bisa memberikan pesan kepada seluruh masyarakat Kukar. Khususnya jajaran pemkab Kukar dan juga instansi vertikal, karena urusan berzakat ini harus dimulai dari jajaran pemimpinnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kukar Shafik Avicenna melaporkan berdasarkan perbandingan tahun lalu terjadi peningkatan yang cukup signifikan terkait kehadiran OPD maupun Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

"Mudah-mudahan ini bagian dari hasil kerja keras kami dalam setahun untuk terus berhubungan langsung dengan OPD maupun UPZ yang ada di OPD" harapnya.

Kukar Berzakat ditandai penyerahan zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal oleh bupati Edi Damansyah, sekda Sunggono, Asissten Pemerintahan dan Kesra Akhmad Taufik Hidayat serta para kepala organisasi perangkat daerah. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar