Bupati Menumbuk Beras Bersama Masyarakat Diacara Mecag Undat

Muhammad Akbar | Minggu, 07 Mei 2023 12:00 WITA
Bupati Menumbuk Beras Bersama Masyarakat Diacara Mecag Undat -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka Festival Budaya Mecaq Undat 2023, garapan masyarakat Desa Tukung Ritan dan Ritan Baru, di Lamin Bioq (rumah besar) Desa Tukung Ritan Kecamatan Tabang, Sabtu (6/5).

Dalam kunjungan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) di Kecamatan Tabang, banyak hal yang dilaukan sperti salah satunya adalah membuka Festival Budaya Mecaq Undat 2023.

Festival Budaya Mecaq Undat tersebut merupakan garapan masyarakat Desa Tukung Ritan dan Ritan Baru, yang dilaksanakan di Lamin Bioq (rumah besar) Desa Tukung Ritan Kecamatan Tabang, pada Sabtu (6/5/2023).

Dikesempatan pembukaan festival budaya yang dilaksanakan setiap tahun pada awal bulan Mei itu ditandai pemukulan gong dan menumbuk beras secara beramai-ramai dengan menggunakan alat tradisional.

Mecaq Undat adalah upacara adat yang digelar oleh Suku Dayak Kenyah untuk menyambut musim panen padi. Secara harfiah, Mecaq Undat adalah bahasa Dayak Kenyah yang berarti menumbuk beras sehingga menjadi tepung. Secara umum, Mecaq Undat bisa diartikan pesta panen.

"Saya melihat potensi wisata di Kecamatan Tabang ini sangat besar terutama keindahan alam dan budayanya, tinggal kita olah menjadi sebuah daya tarik agar bisa dikunjungi oleh wisatawan," ujar Bupati Edi Damansyah 

Lanjut kemudian Ia mengatakan penyelenggaraan kegiatan seperti ini, adalah upaya pelestarian budaya di Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya Kecamatan Tabang. Seraya menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat. 

"Kita mendorong agar inisiatif itu datang dan tumbuh dari masyarakat karena akan lebih bertahan keberlangsungannya dibandingkan yang dibangun oleh pemerintah kabupaten," pungkasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar