Bupati Resmikan Pusban Kelurahan Argosari Samboja Barat

Muhammad Akbar | Selasa, 16 Mei 2023 12:00 WITA
Bupati Resmikan Pusban Kelurahan Argosari Samboja Barat -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Puskesmas Pembantu (Pusban) Kelurahan Argosari Kecamatan Samboja Barat, diresmikan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama wakil Bupati Rendi Solihin, pada hari Selasa (16/5/2023). 

Agenda peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti serta peninjauan ruangan Pusban oleh Bupati Edi Damansyah bersama rombongannya, diantaranya Wabup Rendi Solihin, Sekretaris Daerah Sunggono, dan Kepala Dinas Kesehatan Martina Yulianti. 

Dikesempatan itu Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi kinerja Puskesmas Pembantu (Pusban) Argosari, yang baru pertama kali Pusban bisa menampilkan data yang begitu akurat dan lengkap.

“Saya bangga, satu-satunya Pusban yang kami kunjungi, kami resmikan bisa menampilkan data sebagaimana yang kita saksikan tadi, ada data layanan, data kunjungan, data ibu hamil, data balita, data stunting dan warga prasejahtera,” ujarnya. 

Bupati meminta data tersebut harus benar – benar ditindaklanjuti dengan baik, salah satunya data stunting, karena di pemkab Kukar sudah jelas program pencegahan dan penanganannya. 

Puskesmas Pembantu (Pusban) merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang merupakan jejaring Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada di garda paling depan yaitu di masing-masing desa atau kelurahan. 

“Sebagai garda terdepan maka peran Puskesmas Pembantu sangat penting dan strategis terutama untuk peningkatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya. 

Mengingat pentingnya peran dan fungsi Puskesmas Pembantu maka Pemerintah Daerah berkomitmen penuh terhadap keberlangsungan dan keberlanjutan pembangunan kesehatan dalam bentuk pemenuhan kebutuhan sarana prasarana pelayanan kesehatan, pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia, dukungan logistik termasuk pengembangan sistem dan inovasi. 

“Gedung Puskesmas Pembantu Argosari ini merupakan pengganti dari gedung Pusban lama yang sudah tidak representatif lagi. Dengan diresmikan gedung baru yang cukup megah dan layak untuk dipergunakan sebagai tempat pelayanan kesehatan. Terima kasih kepada semua pihak yang sejak awal telah mempersiapkan pembangunan Pusban Argosari ini hingga dapat dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya. 

Sementara itu Kadis Kesehatan dr Martina Yulianti mengungkapkan Pusban Argosari dibangun tahun 2022 bersama Pusban yang lain, Gedung Puskesmas Pembantu Argosari merupakan penggantian dari gedung Pusban lama yang sudah tidak representatif lagi. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar