Dinas PU Kukar Bangun Jalan Usaha Tani di Lima Kecamatan

Muhammad Akbar | Kamis, 06 Okt 2022 12:00 WITA
Dinas PU Kukar Bangun Jalan Usaha Tani di Lima Kecamatan -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemkab Kukar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membangun infarstruktur jalan usaha tani di lima (5) Kecamatan, sebagai upaya pengembangan kawasan pangan daerah.

Adapun dari lima Kecamatan yang mendapatkan pembangunan jalan usaha tani yang ada di Kukar yakni, Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, dan Muara Kaman. 

“Ada lima kecamatan menjadi fokus pembangunan jalan pendukung infrastruktur pertanian,” kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Restu Irawan, ini merupakan program dan gagasan yang dibuat oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah yang menginginkan sektor pertanian Kukar menjadi lumbung pangan daerah, khususnya di Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Jalan usaha tani yang dibangun dipetakan, wilayah mana yang memiliki potensi pertanian utamanya penghasil padi sawah,” ujarnya. 

Pembangunan jalan usaha tani yang baik akan mempercepat proses usaha tani dan ekonomi petani setempat. Sebab hasil pertanian bukan hanya dimanfaatkan bagi Kukar, namun menunjang kebutuhan pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

“Fokus kita pemenuhan kebutuhan beras, bagi Kukar dan Kaltim, sekaligus menyambut IKN. Jadi Dinas PU berkolaborasi bersama Distanak Kukar untuk membangun pertanian daerah,” pungkasnya. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar