Dinas Sosial Kukar Menerima Kunjungan Kerja Dinso Kabupaten Tabalong 

Muhammad Akbar | Jumat, 14 Okt 2022 12:00 WITA
Dinas Sosial Kukar Menerima Kunjungan Kerja Dinso Kabupaten Tabalong  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG -Kunjungan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabalong, langsung diterima Dinas Sosial (Dinsos) Kutai Kartangera (Kukar) di ruang aula serbaguna Kantor Dinsos Kukar. Jumat (14/10/2022).

Pertemuan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap persoalan dan kesejahteraan sosial ini berlangsung hangat dan dirangkai diskusi interaktif dan diakhiri dengan penyerahan cenderamata.

Sekretaris Dinsos Kukar Aji Mohammad Decki Ismail mengakui bahwa Dinsos Tabalong memiliki performa yang bagus dalam pengelolaan, fasilitas, dan regulasi dalam pelaksanaan tupoksi. 

Sekretaris Dinsos menyampaikan banyak manfaat dari sharing pengalaman dan ilmu dari kunker Dinsos Tabalong. 

"Dalam penyaluran bantuan bencana mereka memiliki SOP yang lengkap. Mereka punya teknis DTKS lokal yang diatur dengan SK Bupati, ini perlu kita tiru. Suatu saat nanti perlu ada kunjungan balasan dari Kukar ke Kabupaten Tabalong," ujarnya.

Sebagai informasi, adapun Pelayanan Dasar (PD) sendiri merupakan pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negara. Bentuk PD untuk SPM terdiri atas berbagai jenis, salah satunya melalui sosial atau disebut SPM sosial.

Untuk jenis PD pada SPM sosial daerah provinsi dan SPM sosial daerah kabupaten/kota terdiri atas rehabilitasi sosial dasar penyandang disabilitas terlantar, anak terlantar, lanjut usia terlantar, tuna sosial dan pengemis di dalam panti. Perlindungan dan jaminan sosial pada saat dan setelah tanggap darurat bencana bagi korban bencana provinsi dan kabupaten/kota.

"Jadi pertemuan kemarin itu ya saling membagi ilmu lah dengan kawan-kawan Dinsos Tabalong, ya tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti ada kunjungan balasan dari Kukar ke Kabupaten Tabalong.

Terlebih cara mereka menyalurkan bantuan bencana itu mereka memiliki lengkap SOP-nya dan yang bagus itu mereka itu punya teknis DTKS yang lokal, di SK-kan oleh Bupati-nya. Sehingga hal-hal semacam ini bisa kita contoh untuk di Kukar," tegas Decki. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar