Distransnaker Beri Pelatihan Ribuan Calon Pekerja, Kukar Siap Kerja

Muhammad Akbar | Sabtu, 08 Okt 2022 12:00 WITA
Distransnaker Beri Pelatihan Ribuan Calon Pekerja, Kukar Siap Kerja -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG -Pemerintah Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar menggulirkan Program Kukar Siap Kerja dengan memberikan pelatihan sertifikasi bagi calon pekerja yang merupakan masyarakat Kukar. 

Khusus tahun 2022 ini, Distransnaker Kukar menargetkan 1.200 calon pekerja untuk menerima pelatihan kerja. Bahkan, Distransnaker Kukar telah menggelontorkan anggaran senilai Rp. 5,5 miliar. 

Kepala Distransnaker Kukar, Akhmad Hardi Dwi Putra mengatakan, ditargetkan calon pekerja Kukar akan mengikuti pelatihan dalam bidang pertambangan, sebagai operator alat berat dan mekanik alat berat. ditambah dengan perluasan pelatihan, seperti pelatihan menjahit dan tata boga. 

“Dalam rangka mendukung Visi Misi Kukar Idaman, 2021-2026, 1.200 orang itu target per tahun,” sebutnya. 

Kucuran dana tak hanya bergantung pada anggaran Pemda saja, melainkan sejumlah pihak swasta pun turut berpartisipasi mensukseskan program pelatihan kerja ini. 

Beberapa di antaranya perusahaan pertambangan yang ada di kecamatan, seperti Tenggarong Seberang, Muara Badak, Marangkayu, Sangasanga, dan Anggana.

“Jadi pelatihan tidak hanya melalui Pemkab Kukar, namun juga ada yang dilaksanakan oleh perusahaan swasta,” jelasnya. 

Tercatat hingga September 2022, 194 orang telah mengikuti pelatihan kerja. Dengan rincian yang sudah bekerja sebanyak 88 orang, masuk dalam daftar panggilan 12 orang serta yang magang sebanyak 10 orang. 

Sedangkan yang belum bekerja sebanyak 44 orang dan sedang mengikuti pelatihan 40 orang. Hardi menambahkan, upaya pengentasan angka pengangguran di daerah bukan hanya menjadi tugas pemerintah daerah saja. Namun perlu peran serta pihak swasta yang beroperasi di Kukar. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar