Jonggon Diharap Menjadi Sumber Kesejahteraan Petani Jahe di Kukar 

Muhammad Akbar | Jumat, 24 Mar 2023 12:00 WITA
Jonggon Diharap Menjadi Sumber Kesejahteraan Petani Jahe di Kukar  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Rumah Produksi Bersama Sharing Bio Farmaka, yang berada di Desa Jonggong Jaya Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditinjau oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono, pada Kamis (23/3/2023).

Alat produksi tersebut adalah bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM. Rumah ini dilengkapi mesin produksi jahe, dan telah dilakukan uji coba mesin produksi jahe atau Project Commissioning dan Training.

Dalam peninjauan tersebut, Sekda Kukar Sunggono didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Tajudin beserta jajarannya, perangkat desa Jonggon Jaya, operator serta para peserta training ujicoba mesin produksi jahe. 

"Saya berharap mesin produksi jahe yang harganya mencapai Rp 6 miliar lebih tersebut betul-betul dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga dampak-nya pun dapat dirasakan oleh masyarakat terutama para petani jahe meningkat kesejahteraannya," kata Sunggono.

Lanjut kemudian Sekda Sunggono, berharap dengan hadirnya mesin produksi jahe di Kukar, adalah merupakan hasil hilirisasi dari program pertanian dalam arti luas di Kutai Kartanegara.

"Saya juga berharap mesin produksi jahe di Jonggon ini tidak hanya memproduksi dan memasarkan produk, melainkankan kedepannya akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama hilirisasi pertanian dalam arti luas di Kukar dengan memproduksi potensi-potensi lokal yang berdaya saing sepertri kopi, serai, daun kelor dan potensi lainnya, Sehingga menjadi sumber pundi-pundi kesejahteraan petani,” pungkasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar