Kukar Festival Budaya Nusantara Ke-2 Tahun 2024 Resmi Dibuka

Amril Ibnu Marzuki | Senin, 08 Jul 2024 12:00 WITA
Kukar Festival Budaya Nusantara Ke-2 Tahun 2024 Resmi Dibuka Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) Ke-2 Tahun 2024

gerakanaktualnews.com, Tenggarong – Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) yang ke-2 tahun 2024 hadir dengan menyuguhkan penampilan seni budaya lokal dan nusantara. Festival tersebut tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keindahan seni dan budaya, tetapi juga sebagai sarana untuk mempromosikan keberagaman dan memperkuat persatuan di tengah masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar).

“Festival ini merupakan salah satu event unggulan Kukar, yang mana merupakan rebranding dari Festival TIFAF (Tenggarong International Folk Art Festival), dengan lebih memprioritaskan penampilan seni budaya lokal,” ujar Sekda Kukar H Sunggono, menyampaikan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah sekaligus membuka acara KFBN, ditandai menabuh gendang bersama Forkopimda Kabupaten Kukar, di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Senin (8/7/2024).

KFBN mengusung tema “Kukar Berbudaya, Nusantara Jaya”, Kukar Festival Budaya Nusantara”, Tahun 2024 menghadirkan beragam pertunjukan seni tradisional dari Paguyuban, Kelompok Seni dari Kecamatan di Kukar dan juga berbagai daerah di Indonesia. Seperti dari Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT, Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

“Melalui festival ini, kita dapat menyaksikan betapa kaya dan berwarnanya budaya yang ada di Nusantara serta menjalin hubungan yang harmonis antar suku. Kukar yang merupakan miniaturnya Indonesia, dengan berbagai etnis dan agama dapat hidup berdampingan dengan aman dan tentram,” ucap Sunggono.

Dalam kesempatan tersebut Sekda H Sunggono mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menyelenggarakan KFBN dan semua partisipasi Paguyuban-paguyuban dan seniman-seniman pada acara KFBN.

Acara ditutup dengan tarian massal Gema Budaya Etam mengerahkan 200 penari dengan kolaborasi mencerminkan keragaman seni dan budaya Indonesia.(Kominfokukar).


Tinggalkan Komentar