Momen Bersejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Titik Nol IKN, Asisten I Pemkab Kukar Hadir

Muhammad Akbar | Jumat, 28 Okt 2022 12:00 WITA
Momen Bersejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Titik Nol IKN, Asisten I Pemkab Kukar Hadir -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat menghadiri puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 Tahun 2022 di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat ( 28/10/2022).

Acara itu diikuti oleh para pemuda utusan 34 Provinsi, dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifuddin, serta sejumlah undangan lainnya.

Usai menghadiri acara tersebut Akhmad Taufik mengatakan, Pemkab Kukar mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun 2022, semoga melalui tema ” Bersatu Bangun Bangsa” Para Pemuda Indonesia bangkit bersatu membangun negara. “Semoga melalui momen peringatan ini sekaligus bisa membawa Indonesia lebih baik, ” harapnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor sangat mengapresiasi dan merasa bangga bahwa ini merupakan momen bersejarah, pasalnya kegiatan itu adalah kegiatan kenegaraan pertama yang berlangsung sejak Kalimantan Timur dinobatkan sebagai IKN baru.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan alasannya untuk memilih IKN sebagai tuan rumah puncak acara Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tersebut. Menurutnya, ada ikatan secara moral antara Menpora dengan IKN sendiri.

“Secara kebatinan kita ini terikat langsung dengan IKN karena saya adalah Ketua Pansus pertama pada saat IKN,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Maka tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa” yang memberikan pesan mendalam, yakni bersatu paduan merupakan harga mati yang harus dikuatkan dalam ketangguhan dalam membangun persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Ini lah yang menjadi tekad kita meneruskan perjuangan kemerdekaan, mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang Ia juga meminta para pemuda untuk bersemangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia merdeka, berdaulat, bersatu, adil, dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa yang akan datang. Apa yang dilakukan pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

Menpora pun menyampaikan mandat pemuda masa kini adalah menjadikan nilai persatuan di atas segalanya, memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan menggapai kejayaan Indonesia.

Sementara itu, menurut Ketua panita pelaksana Asrorun Ni’am Soleh yang juga Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI mengatakan bahwa puncak peringatan HSP ke 94 ini ditandai dengan berbagai kegiatan baik kirab nusantara, kemah pemuda dan kegiatan lainnya serta pemberian penghargaan kepada Gubernur Kaltim Isran Noor sebagai Penggerak Kepeloporan Pemuda, Hetifah Sjaifudian Wakil Ketua Komisi X DPR RI sebagai Penggerak Pengembangan Pemuda, serta Paiman Raharjo Rektor Universitas Moestopo sebagai penggerak kewirausahaan Pemuda.

Serta pemberian anugerah antara lain Apresiasi Wirausaha Muda Berprestasi, Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia, Apresiasi Pemuda Berprestasi Internasional dan Pemuda Difabel Tingkat Nasional, Apresiasi Pemuda Pelopor Nasional, Latihan Kepemimpinan Purna Paskibraka Nasional, Tik Tok Challenge Sumpah Pemuda,u Senam Nasional Aerobik, Pertemuan Forum. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar