Objek Wisata Pulau Kumala Kukar Kembali Menyumbang PAD

Muhammad Akbar | Jumat, 07 Okt 2022 12:00 WITA
Objek Wisata Pulau Kumala Kukar Kembali Menyumbang PAD -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kembalinya dibuka wisata Pulau Kumala Tenggarong beberapa waktu lalu hingga sekarang ini, sudah bisa menyumbang kembali Pendapatan Asli Daerah (PAD) 

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar), Ridha Fatrianta, mengatakan antusias masyarakat mengunjungi Pulau Kumala cukup tinggi.

Sejak awal dibuka pada 2 September 2022, masyarakat Kukar maupun luar daerah kembali memadati Pulau Kumala.

“Selama dibuka antusias pengunjung cukup banyak. Ramai di akhir pekan, tapi kalau hari-hari biasa bisa sampai 100 orang,” ucapnya. 

Mulai ramainya Pulau Kumala menjadi kesempatan bagi Dispar Kukar untuk memberikan perhatian khusus terhadap destinasi wisata unggulan Kota Raja.

Upaya yang dilakukan dalam waktu dekat adalah pembenahan jangka pendek, menengah, mau pun panjang.

Kini, Dispar Kukar dalam proses menyusun rencana revitalisasi tahap pertama yang ditargetkan rampung pada Desember 2022.

Kegiatan pembenahan ini berkaitan dengan penyusunan Detail Enginering Design (DED) untuk memperbaiki saluran drainase dan penambahan beberapa wahana baru.

“Yang jelas semua dilakukan demi memaksimalkan kenyamanan pengunjung Pulau Kumala,” katanya. 

Beberapa wahana baru yang bakal ada di Pulau Kumala adalah area mural, spot selfie, taman, wahana air dan pembenahan dermaga yang dapat menjadi wadah swafoto pengunjung.

Pembenahan ini akan dilakukan secara bertahap. Pihaknya pun telah berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Salah satu upayanya, Dispar akan tetap melakukan pemeliharaan rutin terhadap beberapa fasilitas yang sudah ada di Pulau Kumala. Pemeliharaan rutin ini memang sangat diperlukan, mengingat usia destinasi wisata Pulau Kumala sudah menyentuh dua dekade.

“Minggu depan kita juga lagi ada rapat dengan konsultan. Bagusnya setiap tahun ada inovasi, ada pembaruan supaya ada daya tarik. Tapi kami tetap lakukan secara bertahap," tandasnya. (Adv)


Tinggalkan Komentar