Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati, Gelar Pemdes Mulawarman

Muhammad Akbar | Jumat, 14 Okt 2022 12:00 WITA
Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati, Gelar Pemdes Mulawarman -

gerakanktualnews.com, TENGGARONG – Melalui program penguatan kapasitas (PPK) ORMAWA 2022 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Mulawarman (UNMUL) Pemerintah Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang melakukan pelatihan pembuatan pestisida. Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Desa Mulawarman Bambang Irawan, di Gedung BPU Desa Mulawarman. Kamis (13/10/2022). 

Bambang Irawan dalam sambutan mengatakan, terima kasih dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Unmul Samarinda, Dengan adanya pelatihan ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan keilmuan yang telah didapat dalam pelatihan tersebut dan dapat memajukan lahan pertanian yang ada di Desa Mulawarman.
 
Dia juga mengatakan, bahwa program ini merupakan salah satu program Sanggar Tani Muda PPK ORMAWA 2022 BEM FKIP UNMUL dan FAPERTA Universitas Mulawarman Samarinda Tahun 2022.

"yaitu tentang transformasi petani pedesaan berbasis Sustainable Agriculture melalui sanggar tani muda menuju tujuan SDGS di Desa Mulawarman," ujarnya.
 
Pelatihan kali ini adalah bagaimana cara Pembuatan Pestisida Nabati, pestisida digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit yang berasal dari tanaman-tanaman yang ada di sekitar lingkungan kita, contoh tanaman seperti serai wangi, jeringau yang bersifat berbau untuk menolak serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OTP).

Pestisida Nabati tidak meninggalkan rasidum (racun yang ditinggalkan setelah penyemprotan), adapun penyemprotan pestisida wajib dilakukan setiap pagi dan sore hari untuk menghindari serangan OTP.
 
Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai narasumber Anton Septian dari petugas pengendali organisme tumbuhan (POPT) tanaman oangan dan holtikultura yang bertugas sebagai pengamat, merekomendasikan, pengendalian, dan melaporkan segala macam yang bisa merusak tanaman termasuk berbagai macam golongan hama, penyakit, dan lain-lain.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar yang diwakili oleh Balai Penyuluh Pertanian Separi 1, LPM, FKIP Unmul, Gapoktan, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam wilayah Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang.(adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar