Pilot Project Pertanian Modern di Kukar ada Lima Kecamatan

Muhammad Akbar | Selasa, 11 Okt 2022 12:00 WITA
Pilot Project Pertanian Modern di Kukar ada Lima Kecamatan -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kabupaten Kutai kartanegara (Kukar) terdapat Lima Kecamatan yang terdaftar sebagai kawasan berbasis Pilot Project Pertanian Moern. 

Hal ini selaras dengan program pengembangan pertanian berbasis kawasan dalam menjadikan Kabupaten Kukar sebagai lumbung pangan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Untuk itu, program ini terus menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Bahkan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, Sutikno mengatakan, konsep program ini menggabungkan seluruh lini sektor pertanian, baik dari hulu maupun hilir. 

Melalui program ini, diharapkan produksi pertanian di daerah bisa lebih efektif dan meningkat. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka lima kawasan pertanian berbasis kawasan di Kukar akan dijadikan pilot project pertanian modern.

“Kecamatan berbeda yang telah ditetapkan sebagai kawasan (pertanian modern), dimulai dari Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, Muara Kaman dan Marangkayu,” sebut Sutikno.

Dengan ditetapkannya lima kawasan di enam kecamatan ini, maka sektor pertanian dari hulu dan hilir dapat terintregasi. Untuk mensukseskan program ini dilakukan pembukaan lahan pertanian yang baru dengan memanfaatkan lahan tidur yakni membangun 120 embung dan 120 kilometer jalan usaha tani.

“Melalui program kawasan ini, pemerintah akan berkonsentrasi membangun pertanian,” tuturnya. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar