Rakor RDTR Wilayah Perkotaan Tiga Kecamatan, Bupati Kukar dan BPN

Muhammad Akbar | Rabu, 10 Mei 2023 12:00 WITA
Rakor RDTR Wilayah Perkotaan Tiga Kecamatan, Bupati Kukar dan BPN -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Rapat koordinasi lintas sektor terkait Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati Kukar tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perkotaan di tiga kecamatan yaitu Loa Janan, Sangasanga, dan Muara Badak, di The Tribrata Darmawangsa Jakarta Selatan, di hadiri oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, pada Rabu (10/05/23).

Bupati Edi Damansyah dikesempatan itu di dampingi Sekda Kukar Sunggono, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Alfian Noor, dan Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Setianto Aji Nugroho.

Rombongan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) diterima langsung Direktur Jendral Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gabriel Triwibawa.

Pada rapat koordinasi tersebut, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan proses penyusunan tata ruang yang berkaitan dengan salah satu suspensi materi peraturan Kepala Daerah yang merupakan gambaran dari RDTR perkotaan Loa Janan, Sanga-Sanga dan Muara Badak.

Bupati juga menjelaskan bahwa di tiga kecamatan ini bila di lihat dari karakteristik wilayah Kukar termasuk dalam zona pesisir, untuk kecamatan Loa Janan posisinya berada di 3 Kota utama di Kalimantan Timur yaitu Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara, dan Kecamatan ini sangat berkembang pesat yang berkaitan dengan aktivitas kegiatan investasi dan perekonomian.

"Kalau tambang yang berizin secara resmi tidak terlalu sulit untuk diatur, tetapi tambang koridor agak sulit dikendalikan baik oleh Kabupaten maupun Kecamatan," ungkapnya.

Lanjut kemudian Bupati, menambahkan bahwa Kecamatan Loa Janan memiliki potensi wisata yang sedang berkembang dan membutuhkan perhatian yang serius baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat dan dunia usaha, sehingga Kecamatan Loa Janan nantinya menjadi pintu gerbang untuk masuk ke Kutai Kartanegara dan juga berbatasan langsung dengan IKN. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar