Reboisasi Pelestarian Lingkungan Dalam Rangka HUT TNI ke-77, Wabup Kukar Apresiasi

Muhammad Akbar | Jumat, 14 Okt 2022 12:00 WITA
Reboisasi Pelestarian Lingkungan Dalam Rangka HUT TNI ke-77, Wabup Kukar Apresiasi -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, ikut menghadiri kegiatan reboisasi di posku Dalkarhutla kilo meter 45 Kecamatan Samboja. Jumat (14/10/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pangdam VI/Mulawarman TNI Tri Budi Utomo, ditandai dengan penanaman pohon di Kelurahan Bukit Merdeka, Samboja. 

Dalam sambutan Pangdam VI Mulawarman TNI Tri Budi Utomo mengatakan, kegiatan itu dalam rangka menghijaukan kembali lahan eks tambang yang berada di Kaltim.

Sebagai salah satu upaya bersama untuk mereboisasi lahan-lahan yang gundul dan diharapkan dapat meningkatan ekonomi atau sumber pendapatan asli daerah, khususnya di wilayah kaltim.

“Sudah sepantasnya kita memiliki kepedulian terhadap penghijauan dan reboisasi yang ada di Kaltim, khususnya lahan-lahan gundul akibat penambangan, bersama mencegah terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan juga air hujan yang berturut-turut, dengan melestarikan kesuburan tanah, menjaga struktur tanah agar tidak rusak dengan reboisasi yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan sumber PAD,” jelasnya. 

Sementara itu, Wabup Kukar H Rendi Solihin turut mengapresiasi atas kegiatan reboisasi dalam rangka HUT TNI ke-77 di Samboja.

“Atas nama Pemerintah daerah saya mengucapkan selamat HUT TNI ke-77, dan tentu sangat mendukung dan mengapresiasi upaya kegiatan reboisasi yang di inisiasi oleh anak-anak muda,” ucapnya.

“Tentu saja ini sejalan sejalan dengan visi misi 'Kukar Idaman' dengan menggalakan reboisasi atau penanaman pohon guna menghijaukan kembali lahan gundul, khususnya di wilayah Kukar, sehingga kedepannya diharapkan bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” sambung Rendi. 

Lebih lanjut, Rendi juga mengatakan reboisasi harus terus dilakukan dan mendapat perhatian dari semua stakholder termasuk dunia usaha.

Terlihat dibeberapa wilayah terdapat lahan gundul eks tambang serta penebangan liar sangat merugikan dan diperlukan kesadaran untuk menggalakkan reboisasi kembali.

“Pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, tentunya memerlukan dukungan semua pihak. Diharapkan masyarakat juga bisa melakukan penghijauan di halaman rumahnya sendiri, baik dengan melakukan penanaman bibit pohon produktif seperti bibit pohon durian, mangga, rambutan dan lain sebagainya,” tuturnya.

Ditambahkan Dandim 0906/KKR Letkol Inf Jeffry Satria, saat ini kolaborasi TNI bersama Pemkab Kukar sudah berjalan dengan baik dengan melakukan upaya reboisasi di beberapa titik, khususnya wilayah kecamatan.

“Inilah upaya kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan akan terus dilakukan secara bertahap di titik-titik rawan sesuai pemetaan yang sudah dilakukan untuk dilakukan reboisasi dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pundi-pundi PAD bagi daerah,” ujarnya.(adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar