Rehabilitas Jembatan Sambera Akan Rampung Akhir 2023

Muhammad Akbar | Jumat, 28 Apr 2023 12:00 WITA
Rehabilitas Jembatan Sambera Akan Rampung Akhir 2023 -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara lakukan tindakan cepat dengan mengelar rapat koordinasi percepatan pembangunan rehabilitasi Jembatan Sambera. Di ruang rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Jumat (28/4/23). 

Rapat percepatan tersebut dipimpin oleh Asisten II Setkab Kukar Wiyono, dan dihadiri Camat Muara Badak Arfan, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Etty Erma, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Restu Irawan, Perwakilan Manjamen PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Suprianto, Manajemn PT. Pertamina Hulu Sanga-sanga Aidil ASN (PHSS), Kepala Desa Tanjung Limau Suriyadi dan unsur Forkompimda Kecamatan Muara Badak, serta OPD terkait.

Dalam rapat Asisten II Wiyono menekankan bahwa Infrastuktur Jembatan Sambera merupakan akses penting yang menghubungkan dua kecamatan di wilayah Kabupaten Kukar serta sebagai jalan alternatif menuju kota Bontang, pembangunan rehabilitasi jembatan Sambera harus sesegera mungkin dilaksanakan agar jalur perkonomian di dua Kecamatan tidak terputus, apalagi saat ini dua Kecamatan tersebut merupakan daerah tujuan wisata yang berkembang sangat pesat.

“Rencana pelaksanaan Rehabilitasi Jembatan Sambera akan dilakukan pada akhir bulan Mei ini, dan waktu pekerjaan selama 6 bulan kedepan, selama kurun waktu tersebut jembatan akan ditutup secara total, selanjutnya akan dibuat jalur alternatif bagi pengguna jalan yang akan melintas yakni jalur Pipeline PT. PHM dan PT PHSS, namun hal itu tentunya kami masih menunggu persetujuan dari kedua perusahaan BUMN tersebut” jelasnya.

Secara teknis Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Restu Irawan memaparkan Rehabilitasi Jembatan Sambera akan dibuat lebih permanen.

"Struktur tiang pancang dan rangka akan tetap digunakan namun akan dilapisi dengan serat karbon dan dilapisi dengan cat anti korosi yang tahan air asin, sedangkan pada badan jalannya akan disemenisasi dan dilapisi aspal. Selain itu ditambahkan pula ornamen-ornamen pada pagar pembatasnya,” ungkapnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar