Segera Dilantik 86 Kades Terpilih di Kukar 

Muhammad Akbar | Senin, 10 Okt 2022 12:00 WITA
Segera Dilantik 86 Kades Terpilih di Kukar  -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Hasil pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022, akan segera digelar pelantikan pada tanggal 14 Oktober 2022, dari 86 Kades yang terpilih di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pelantikan tersebut akan dilakukan langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, berlangsung di gedung Putri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang.

“Sampai dengan saat ini persiapan lancar, sudah diinformasikan ke pihak terkait. Dalam hal ini pihak kecamatan, desa yang bersangkutan, pejabat kepala desa, BPD, panitianya dan kades terpilih boleh didamping istri, suami, atau keluarga,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto. 

Kendati 86 kades telah terpilih, tetapi masih ada kendala minor dalam prosesnya bagi dua desa, yakni Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong dan Jembayan di Kecamatan Loa Kulu. 

Arianto menuturkan, kendala saat ini adalah tengah berproses di Peradilan Tata Usaha Negeri (PTUN) namun menurutnya, tak ada kendala berarti dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. Bahkan kades terpilih pun sudah ditetapkan. 

“Tapi yang disampaikan ini adalah permasalahan lain yang dianggap ada penyimpangan dan pelanggaran dalam proses kampanye dan lain-lain. Tentu ini juga kita sikapi, kita respon baik yang dilaporkan oleh pihak desa,” tuturnya. 

Diketahui, total ada 86 desa dari 16 kecamatan di Kukar menggelar Pilkades Serentak tahun 2022. Di antaranya ada Kota Bangun, Tabang, Kenohan, Muara Wis, Muara Muntai, Kembang Janggut dan Muara Kaman.

Lalu, Loa Kulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Loa Janan, Anggana, Muara Badak, Samboja dan Marangkayu. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar