Sekda Kukar Buka Sosialisasi Pembangunan Infrastruktur IKN

Muhammad Akbar | Senin, 10 Okt 2022 12:00 WITA
Sekda Kukar Buka Sosialisasi Pembangunan Infrastruktur IKN -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Sosialisasi pemberdayaan tenaga kerja konstruksi, dalam rangka pembangunan infrastruktur ibu kota negara (IKN) tahun anggaran 2022-2024, di buka langsung oleh Sunggono Sekda Kukar, yang diadakan di Hotel Mercure Samarinda, Senin (10/10/22).

Menurut Sunggono kesungguhan pemerintah pusat untuk pemindahan IKN terus terlihat. Pada pengerjaannya, tentunya akan membutuhkan banyak tenaga kerja.

Sekda Kukar memaparkan, kegiatan konstruksi selain membutuhkan desain yang bagus, material berkualitas, juga tak kalah penting tenaga kerja yang terlibat.

“Untuk itu mari sama-sama menyiapkan SDM yang berkualitas untuk menyongsong IKN. Pemindaha IKN akan menyerap banyak tenaga kerja,” kata dia.

“Para tenaga kerja juga harus memiliki keterampilan, keahlian dan juga sertifikasi. Ini akan menjadi peluang besar bagi warga Kaltim yang belum mendapat pekerjaan untuk ambil bagian dengan syarat melengkapi diri dengan berbagai sertifikasi keahlian,”ungkap Sunggono.

Dia menerangkan bahwa program pelatihan dan peningkatan SDM dengan melengkapi sertifikasi diri merupakan salah satu program yang diusung oleh Bupati Kukar dalam program Kukar Idaman yaitu Kukar Siap Kerja.

“ Saya meminta kepada perangkat desa, perangkat kecamatan maupun perusahaan untuk sama-sama mendata dan membantu mengidentifikasi masyarakatnya untuk membekali diri dengan serifikasi dan terus meningkatkan diri dengan pelatihan-pelatihan yang diikuti baik itu dari pemerintah, balai pelatihan maupun CSR perusahaan,” kata Sunggono.

Sunggono juga menginginkan SDM yang akan menjadi pekerja memiliki sikap dan perilaku yang baik karena proyek konstruksi bangunan memiliki intensitas kerja yang sangat tinggi dan sangat dibatasi oleh waktu penyelesaian kegiatan proyek konstruksi. 

Artinya pekerjaan konstruksi ini memiliki resiko bahaya yang sangat tinggi, untuk itu sangat penting menanamkan cara dan sikap bekerja yang aman bagi pekerja sehingga pekerja selalu memahami hak dan kewajibannya terutama dalam menerapkan norma-norma keselamatan dan kesehatan kerja.

“Saya minta terus mengupgrade diri sehingga nantinya bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri dan tidak menjadi penonton saja sementara orang-orang dari berbagai daerah yang memiliki peran dalam pembangunan IKN, baik secara langsung ataupun tidak. IKN berada di wilayah kita, maka sudah sepantasnya kita yang mengambil peran,” ungkap Sunggono mengakhiri. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar