Sosialisasi Edukasi Kebencanaan, Gelar BPBD Bersama Paud dan TP PKK

Muhammad Akbar | Kamis, 06 Okt 2022 12:00 WITA
Sosialisasi Edukasi Kebencanaan, Gelar BPBD Bersama Paud dan TP PKK -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar menggelar Sosialisasi dan Edukasi Kebencanaan Bagi Paud dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kukar. Event tersebut digelar dalam Bulan Pengurangan Resiko Bencana tahun 2022 di Kabupaten Kukar.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, dan dihadiri Plt Kepala BPBD KukarEdy Mardian, perwakilan dharma wanita, dan anggota Paud Kukar.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kukar, Maslianawati Edi Damansyah dalam sambutnnya menyampaikan bahwa bencana merupakan kejadian yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

Namun, ada baiknya bila masyarakat Kabupaten Kukar bisa mempersiapkan diri untuk melakukan antisipasi.

“Para ibu sebagian besar melakukan pekerjaan rumah, maka kami ingin para ibu juga bisa peka, cepat dan tanggap dalam mengantisipasi, maupun mengatasi sebuah bencana,” ujar Ketua TP PKK Kukar Maslianawati.

Disampaikannya bahwa ibu selalu memiliki kekuatan lebih dalam menjalankan tugasnya dalam waktu yang bersamaan.

“Melalui Sosialisasi Mitigasi Bencana ini, saya yakin apapun masalahnya, apabila kita tenang, maka kita bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Kita sampaikan ini kepada ibu, karena ibu yang selalu menjaga di rumah,” ujarnya.

Diharapkannya usai mendapatkan sosialisasi mitigasi bencana, para ibu bisa memberikan edukasi kepada anak-anaknya. Ditekankannya bahwa pengetahuan tentang bencana dapat memancing timbulnya daya kepekaan pada anak. 

Selain itu diharapkan peserta mampu menentukan langkah awal untuk melakukan penyelamatan dan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan agar tanggap dan tangguh dalam menghadapi bencana.

Disampaikannya bahwa kegiatan yang digelar BPBD Kukar tersebut merupakan amanah kepada para kader agar bisa segera disampaikan kepada masyarakat. "Kita berharap semoga tidak ada bencana. Tetapi kita tetap harus waspada, sigap dan cepat tanggap,” pungkasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar