Strategi Diskop UKM Kukar Bina UMKM

Muhammad Akbar | Minggu, 16 Okt 2022 12:00 WITA
Strategi Diskop UKM Kukar Bina UMKM -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi leading sektor perpanjangan pemerintah dalam melakukan pembinaan terhadap seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kadiskop UKM Kukar Tajudin menjelaskan bahwa OPD yang dipimpinnya merupakan leading sektor dalam pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Namun demikian dalam faktanya banyak OPD bahkan instansi vertikal yang juga menjadikan UMKM sebagai sasaran pembinaan.

"Dalam pembinaan UMKM di Kabupaten Kukar, banyak OPD atau instansi yang membina seperti BPN, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang cenderung berorientasi pada penumbuhan wirausaha baru. 

Kadiskop UKM Kukar Tajudin menyampaikan bahwa Dinasnya memiliki 4 strategi dalam pembinaan UMKM di Kukar. Strategi tersebut adalah pertama, menumbuhkan wira usaha baru.

Kedua, penguatan kapasitas kualitas dan kuantitas UMKM. Ketiga, memberikan akses permodalan. Keempat, memberikan akses pasar bagi pelaku UMKM. 

"Terkait pembinaan UMKM ini kita lihat realitas di lapangan, ini banyak OPD atau instansi yang membina, bahkan sekarang ada BPN juga menggarap bidang itu, hampir semua sektor membina UMKM, terkait dengan institusi pemerintah daerah khususnya Kutai Kartanegara ada beberapa, diantaranya dinas perdagangan dan perindustrian pastinya, kemudian ada Dinas  tygb gh bn bn Kepemudaan dan Olahraga kita sebut dengan wirausaha pemuda mandiri, ada pemberdayaan perempuan, tapi kebanyakan itu lebih banyak untuk penumbuhan wirausaha baru dan ini juga menjadi program kita," kata Tajudin Minggu (16/10/2022).

Selain menumbuhkan wira usaha baru, tugas yang juga utama harus dilakukan Diskop UKM adalah pembinaan. Tajudin menegaskan pihaknya punya empat strategi sasaran untuk upaya pembinaan terhadap seluruh UMKM se-Kukar ini.

"Kita punya empat strategi sasaran kita terkait dengan pembinaan UMKM, yang pertama adalah menumbuhkan wira usaha baru yang ada di wilayah Kukar, selanjutnya kedua sasaran kita adalah penguatan kapasitas kualitas dan kuantitas dari UMKM itu sendiri, ketiga terkait dengan akses permodalan ini program pak Bupati melalui KKI (Kredit Kukar Idaman), keempat adalah akses pasar dari pelaku UMKM salah satu yang kita lakukan untuk ini adalah digitalisasi disamping juga melalui expo," terang Tajudin. (Adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar