Tenaga Kerja Konstruksi Ahli Muda, Pemkab Kukar Dorong Agar Terus Kompeten dan Berdaya Saing

Muhammad Akbar | Senin, 08 Mei 2023 12:00 WITA
Tenaga Kerja Konstruksi Ahli Muda, Pemkab Kukar Dorong Agar Terus Kompeten dan Berdaya Saing -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Asisten III Bidng Administarsi Umum, Totok Heru Subroto hadiri pada pembukaan Kegiatan Kesiapan Tenaga Kerja Konstruksi Ahli Muda menuju Kompeten dan Berdaya Saing oleh Pemerintah Provinsi Kaltim, yang berlangsung di Hotel Grand Fatma Tenggarong, pada Senin (8/5/2023). 

Hadir pada acara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kukar Wisnu Wardhana, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kukar, Para Peserta terdiri dari Pengguna Jasa (Kadis, Kabid, Kepala UPT, Pengawas, Auditor, Ahli Pengadaan, Tenaga pendamping) dan Penyedia Jasa (Direktir, Site Engineer, hingga konsultan) dan undangan lainnya. 

Pada kesempatan itu Asisten III membacakan sambutan Bupati Edi Damansyah, yang mengatakan bahwa Pemkab Kukar sangat mendukung kegiatan tersebut, yang selaras dengan Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar.

Seperti meningkatkan kualitas layanan infrastruktur dasar dan konektivitas antar wilayah, dan akan terus berupaya melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul menjadi salah satu program Dedikasi Kukar IDAMAN (Inovatif Berdaya Saing dan mandiri).

Program itu ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan fasilitasi kemitraan tenaga kerja secara terintegrasi. Mulai dari peningkatan kapasitas SDM tenaga kerja dengan membangun dan memperkuat Pusat Pelatihan Tenaga Kerja atau Vokasi di setiap zona wilayah (Hulu, Tengah, Pesisir) hingga fasilitasi akses kelapangan kerja (Job Market) dan kesempatan berusaha (entreprenership).  

"Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi tenaga konstruksi perlu mendapat perhatian, karena produktivitas SDM akan mempengaruhi kinerja pembangunan infrastruktur," ujarnya. 

Selanjutnya, Kukar sebagai Mitra IKN merupakan wilayah yang berdampingan langsung dengan Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara. Tentu akan merasakan berdampak positif dalam pembangunan dan pengembangan kawasan IKN Nusantara. 

Tenaga kerja konstruksi tidak hanya dituntut tangkas dan handal dalam mengerjakan pekerjaan lapangan, tetapi juga wajib memahami aturan mulai dari Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK), hingga penggunaan teknologi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), untuk menghasilkan infrastruktur yang bermutu.

"Saya berharap dalam kegiatan ini mampu menjadi katalis peningkatan kompetensi tenaga kerja konstruksi yang berdaya saing, umum di Kaltim dan khususnya di Kukar," demikian ujarnya. 

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA) Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda saat membuka acara itu mengakatan, kegitan ini bertujuan diantaranya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat jasa konstruksi, terutama Tenaga Kerja Konstruksi Kualifikasi Ahli Kaltim.   

"Untuk itu peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sertifikasi ini bisa sebagai tiket kita untuk bekerja konstruksi di Kaltim," ujarnya.


Tinggalkan Komentar