Upacara Peringatan Harkitnas Digelar di Halaman Kantor Bupati Kukar

Muhammad Akbar | Senin, 22 Mei 2023 12:00 WITA
Upacara Peringatan Harkitnas Digelar di Halaman Kantor Bupati Kukar -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasionak (Harkitnas) ke- 115 di gelar di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) dan dipimping langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Sekretariat Kabupaten Kukar. Didi Ramyadi, pada Senin (22/5/2023).

Peringatan Harkitnas di Kukar yang mengusung tema "Semangat Untuk Bangkit", di ikuti seluruh Kepala Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepala Perangkat Daerah, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kukar.

Momentum peringatan Harkitnas, Didi Ramyadi membacakan sambutan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika RI, M Mahfud MD mengatakan, bahwa hari kebangkitan nasional diperingati ini dimaknai dengan bentuk perjuangan bersama.

Didi Ramyadi mengatakan 115 tahun lalu bara persatuan indonesia sebagai negara mulai menyala, Hal itu ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Sejak itu, lanjut Didi Ramyadi, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat adil dan makmur.

Disamping itu Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita -cita utama kebangkitan nasional yakni kemerdekaan cita - cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia.

Didi Ramyadi juga mengatakan, barisan persatuan yang dibentuk Boedi Oetomo adalah satu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dimasa yang sulit, baik pada masa prakemerdekaan maupun pasca kemerdekaan.

“Dimasa itu kemerdekaan telah diraih dan diharapkan barisan perjuangan harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia emas 1945,” ujarnya.

Lanjut kemudian Ia juga berharap dari capaian-capaian ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia.

“Mari kita syukuri segala langkah kemajuan perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita. Selamat memaknai dan memperingati hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua.Terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit," pungkasnya. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar