Wakil Bupati Pasaman Sumatera Barat, Belajar Pengelolaan Wisata Edukasi di Kukar

Muhammad Akbar | Rabu, 15 Mar 2023 12:00 WITA
Wakil Bupati Pasaman Sumatera Barat, Belajar Pengelolaan Wisata Edukasi di Kukar -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Kutai Kartanegara (Kukar) dan diterima langsung oleh Sekretaris Kabupaten Kukar Sunggono di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Selasa (14/3/2023).

Rombongan Wakil Bupati Pasaman Sumatera Barat Sabar AS, dalam kunjungan tersebut adalah, Asisten II Setkab Pasaman Yasir Uripsyah serta Ade Herlin Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga dan Kebudayaan Pemkab Pasaman. 

Kunjungan selain sebagai ajang silaturrami, sekaligus ingin melihat kondisi perkembangan, kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Kukar. Salah satu program Kabupaten Pasaman di era pemerintahan 2021 – 2026 adalah menjadikan Pasaman sebagai tujuan wisata. 

Karena Kabupaten Pasaman merupakan pintu gerbang Sumatera Barat dan terhubung dengan Sumatera Utara dan Riau. 

“Insya Allah ke depan akan menjadi segitiga emas dan perlu peningkatan daya saing, sektor wisata, destinasi kemudian obyek wisata yang tentunya pemasaran promosi,” jelas Sabar.

Lanjut kemudian ia mengatakan bahwa pihaknya ke Kukar untuk belajar pembangunan dan pengelolaan planetarium Jagat Raya. Sabar berharap atas masukan dan beberapa informasi mengenai pembangunan dan cara pengelolaan destinasi tersebut.

Sementara dari Sekretaris Kabupaten Kukar, Sunggono menjelaskan tentang bangunan dan keberadaan Planetarium Jagat Raya yang merupakan salah satu bentuk destinasi wisata di Kukar yang dibangun dengan fundamental oleh Bupati Kukar terdahulu Almarhum H Syaukani HARI.

Destinasi ini dilengkapi dengan berbagai aksesoris serta peralatan yang tidak semua orang bisa mengoperasionalkannya. Sehingga ketika mengalami masalah beberapa waktu lalu, sampai sekarang Pemkab Kukar masih merasa kesulitan untuk mencari orang yang bisa memperbaikinya. 

“Adapun mengenai konsep pengelolaan semua aset yang berhubungan dengan nilai nominal atau potensi pendapatan daerah Pemkab Kukar menyerahkan kepada Badan Layanan Usaha Daerah BLUD ataupun perusahaan daerah yang menanganinya,” ujarnya. 

Kemudian Sunggono juga memaparkan tentang visi pembangunan Kepariwisataan di Kukar yaitu mewujudkan visi kepariwisataan sebagai destinasi pariwisata sejarah dan alam kelas dunia yang berbudi dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. (adv/kominfokukar).


Tinggalkan Komentar