Apreasiasi Dalam Penguatan Infrastruktur Pertanian, Bupati Buka Kegiatan Karya Bhakti TNI 2022

Muhammad Akbar | Kamis, 06 Okt 2022 12:00 WITA
Apreasiasi Dalam Penguatan Infrastruktur Pertanian, Bupati Buka Kegiatan Karya Bhakti TNI 2022 -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Kegiatan Karya Bhakti TNI tahun 2022, Kodim 0906 secara resmi dibuka oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di lapangan sepak bola Desa Manunggal Daya Kecamatan Sebulu dan Kecamatan Muara Kaman. Kamis (6/10/2022).

Pada kesempatan pembukaan tersebut, dihadiri Komandan Kodim 0906 Kukar Letkol Inf Jeffri kesatria, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, Camat Muara Kaman Barliang , Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa Arianto, Kepala Dinas Pertanian Sutikno, Kadis Perkebunan Muhammad Taufik, Kadis Perikanan Muslik.

Mengawali acara, Bupati Edi Damansyah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada KODIM 0906/Kukar atas bantuan, dukungan dan kolaborasi yang luar biasa dalam mendukung Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Kukar khususnya melalui perbaikan dan peningkatan Infrastruktur pertanian.

"Terkait dengan komitmen Pemkab Kukar terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas yang terdapat di dalam Visi dan Misi, KUKAR IDAMAN (INOVATIF, DAYA SAING dan MANDIRI)," jelasnya.

Lebih lanjut Edi juga mengatakan, bahwa saat ini telah ditetapkan lima kawasan pertanian untuk pengembangan padi sawah, yaitu Kawasan pertanian Muara Kaman – Sebulu (+ 1.520,63 HA), Kawasan pertanian Tenggarong – Loa Kulu ( Luas + 1.216,71 HA ),Kawasan pertanian Marang Kayu ( Luas +1.082,16 HA) , Kawasan Pertanian Tenggarong Seberang 1 ( Luas + 1.650,05 HA) serta Kawasan Pertanian Tenggarongg Seberang 2 ( Luas + 2.166,71 HA).

Lima kawasan pertanian tersebut merupakan sawah eksisting dengan luas keseluruhan 8.093,06 hektare. Wilayah Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman ini merupakan satu di antara lima kawanan pertanian komoditas padi sawah di Kukar. 

Berdasarkan analisis permasalahan tersebut, Pemkab Kukar telah menyusun program dan kegiatan-kegiatan prioritas sebagai bagian dari strategi penyelesaian masalah tersebut, antara lain pembangunan 120 unit embung skala kecil, pembangunan/perbaikan 120 KM jalan usaha tani/jalan produksi, pembentukan unit usaha pertanian pada Perusda, mendorong pembentukan unit usaha pertanian pada BUM Desa termasuk Koperasi Petani (Badan Usaha Milik Petani); peningkatan areal tanam jagung seluas 30.000 hektare; 6) fasilitasi sarana/prasarana bagi 25.000 nelayan/ pembudidaya perikanan dan pembangunan sentral Industri Kecil Menengah (IKM).

Dalam pencapaian target dari program dan kegiatan prioritas tersebut di atas, tentunya Pemkab Kukar tidak dapat bekerja sendiri. Harus ada dukungan, kerja sama dan kolaborasi dengan semua pihak termasuk tentunya dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Harapannya jika sebagian dari masalah petani tersebut dapat diselesaikan, akan meningkatkan semangat petani dalam melakukan kegiatan usaha taninya, termasuk meningkatnya produksi dan produktivitas hasil pertanian termasuk Indeks Pertanaman (IP).   

Pada di akhir sambutan Edi berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses sesuai harapan kita semua.

Dia juga mengharapkan kepada semua pihak masyarakat utamanya kelompok tani penerima manfaat di mana kegiatan ini berlangsung, agar turut serta aktif bahu membahu bergotong royong bersama Tim Kodim 0906 Kukar dalam pelaksanaan Karya Bhakti ini.

Semoga apa yang kita kerjakan menjadi nilai ibadah dan membawa manfaat bagi kemajuan daerah kita Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya pembangunan pertanian dalam arti luas", ujar Edi Damansyah. (adv/kominfokukar)


Tinggalkan Komentar