Bupati Kukar Ikut Rebahkan Tiang Ayu Pada Penutupan Erau Adat Pelas Benua 2022

Muhammad Akbar | Senin, 03 Okt 2022 12:00 WITA
Bupati Kukar Ikut Rebahkan Tiang Ayu Pada Penutupan Erau Adat Pelas Benua 2022 -

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG -Bupati Kutai Kartangera (Kukar) Edi Damansyah hadir pada acara penutupan Erau Adat Pelas Benua 2022, prosesi upacara merebahkan Tiang Ayu digelar, di Ruang Setingkil Keraton atau Museum Mulawarman, Tenggarong, Senin (3/10/2022)

Prosesi merebahkan Ayu tersebut disaksikan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin bersama kerabat kesultanan dan undangan lainnya.

Setelah Tiang Ayu rebah, dilanjutkan dengan pemberian tepong tawar oleh Sultan. Dilanjutkan dengan pembacaan doa selamat yang dipimpin oleh kerabat kesultanan H. Heriansyah gelar Pangeran Noto Negoro, sebagai ucapan tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Erau Adat Pelas Benua Tahun 2022 telah berlangsung sukses.

Usai pembacaan doa, seluruh kerabat Keraton mulai dari panitia, petugas adat, Belian dan Dewa hingga pasukan Kesultanan, menghaturkan sembah dan menyalami Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin.

"Dengan dilaksanakannya Merebahkan Ayu, maka Erau Adat Kutai Kartanegara resmi berakhir," ujar Adji Pangeran Kesumo Putro selaku Penasehat Kesultanan Kutai.

Menurutnya, pihak kesultanan bersyukur karena pelaksanaan Erau tahun ini telah berjalan lancar dan sukses.

Ia juga berterimakasih kepada pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya Erau tersebut, terutama Pemkab Kukar serta seluruh masyarakat Tenggarong dan masyarakat Kukar umumnya.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung pesta adat Erau dan berakhir dengan tertib dan sukses," demikian katanya. (adv)


Tinggalkan Komentar