Edi Damansyah; Serahkan Paket Sembako dan Ijazah Paket A,B dan C

Muhammad Akbar | Kamis, 13 Jan 2022 12:00 WITA
Edi Damansyah; Serahkan Paket Sembako dan Ijazah Paket A,B dan C Penyerahan simbolis bantuan paket sembako dan ijazah paket A B dan C di gedung Balai Pertemuan umum (BPU) desa Loh Sumber  Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah,  menghadiri Penyerahan simbolis bantuan paket sembako dan ijazah paket A B dan C di gedung Balai Pertemuan umum (BPU) desa Loh Sumber  Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  Sabtu (13/01/2022).

Bantuan Paket sembako Yang di berikan berupa beras sebanyak 5 kg kepada warga, dan hal tersebut merupakan salah satu upaya Promosi dan pengembangan usaha Bumdes Sumber Purnama, yang kini sukses memproduksi beras berkwalitas,  hasil kreatifitas dan pengembangan Bumdes bersama salah satu CSR  perusahaan batu bara yang beroperasi disekitar wilayah desa Loh Sumber kecamatan Loa Kulu.

Hadir sejumlah pejabat Muspida Kukar dalam penyerahan dan pengenalan produksi beras Bumdes Sumber Purnama antara lain, Kadis Sosial, sekretaris Dinas pertanahan dan penataan ruang (DPPR) Kukar, Polsek kecamatan Loa Kulu, dan sejumlah tokoh dan warga desa Loh Sumber Kutai kartanegara (Kukar).

Menurut Bupati Kukar Edi Damansyah, Desa Loh Sumber , merupakan salah satu desa di kecamatan Loa Kulu,  kabupaten Kukar yang sukses mengembangkan produksi beras melalui Bumdes secara produktif yang bisa dinikmati langsung produksinya oleh masyarakat luas yang berpotensi mengangkat Roda perekonomian warga setempat.

“Kita perlu apresiasi Bumdes Sumber Purnama, sebagai Bumdes yang berhasil memproduksi beras yang berkualitas, sehingga dapat mengangkat prekonomian masyarakat di desa loh sumber,” katanya.   

Lanjut kemudian Edi Damansyah. Berharap kepada dinas terkait agar terus memberikan dorongan dan pembinaan pengembangan lebih jauh terhadap hasil produktifitas beras Bumdes Sumber Purnama, agar kedepannya bisa lebih mengangkat prekonomian masyarakat khususnya para petani persawahan.

“Secara kwalitas, Produksi beras Bumdes sumber purnama ini memilki kwalitas tinggi dan banyak diminati warga setempat, bahkan mampu bersaing di pasaran sebagai beras berkwalitas tinggi,” ungkapnya. 

Bupati Kukar bahkan akan menjadikan Bumdes Sumber Purnama sebagai pilot projek untuk memotivasi kecamatan lain agar mampu menciptakan usaha kreatifitas yang bisa menggerakkan roda perekonomian daerah.

Keberhasilan Bumdes Sumber Purnama sebagai produksi beras yang berkualitas, ini tidak lepas pembinaan dengan melalui CSR perusahaan tambang batu bara PT. Multi Harapan Utama (MHU) Pada bagian lain dalam kesempatan yang sama, bupati Kukar Edi Damansyah juga membagikan serifikat kelulusan atau ijasah sekolah non formal paket A B dan paket C kepada sejumlah perwakilan lulusan sekolah paket kesetaraan.

Ijasah paket kelulusan kesetaraan pendidikan non formal tersebut memungkinkan para lulusan untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut ditingkat sekolah menengah atas atau SMU umum. 

Sudarmaji, Pimpinan Bumdes mengatakan saat ini pihaknya telah mematok 5 kecamatan Se- Kabupaten Kukar sebagai sumber pemasok stok produksi beras agar stabilitas pasokan stok beras Bumdes tetap terjaga. 
“Sejak lounching produksi beras 4 bulan lalu, sedikitnya Bumdes sudah mampu memutar hasil penjualan beras antara 500 juta hingga 650 juta.”ungkapnya.  (as)


Tinggalkan Komentar