Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Kukar 2024

Muhammad Akbar | Senin, 27 Mei 2024 12:00 WITA
Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Kukar 2024 Event Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2024

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Grand Final Apresiasi Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2024. Event tersebut berlangsung di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, pada Sabtu kemarin.

Hadir dalam event tersebut Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah, Ketua TIM Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting BKKBN Provinsi Kaltim Aris Ananta, pimpinan beberapa OPD Kukar, Duta Genre Tahun 2017 Radika Darmawan, Tim Juri serta Panitia Pelaksana Pemilihan Duta Genre, para peserta grand final Duta Genre Tahun 2024, yang masing-masing didampingi oleh para orang tua/Wali peserta.

Ketua Panitia Diska Alya Ananta dalam laporannya menyampaikan pentingnya role model dari kalangan remaja yang akan menjadi wakil atau duta Genre dari Kabupaten.

"Hal itu merupakan bagian dari  sosialisasi dan promosi Program Genre, khususnya pengembangan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling. Dengan adanya Duta Genre, sosialisasi dan promosi program Genre dilingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja," tuturnya.

Dalam event tersebut dilakukan pembacaan Ikrar Duta Genre 2023 dan kemudian dilanjutkan dengan penobatan Bunda Genre Kabupaten Kukar kepada Maslianawati Edi Damansyah.

Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa "Event tersebut adalah wujud nyata komitmen Pemkab Kukar dan stakeholders lainnya untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas dan kreatif, tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian sosial yang tinggi," tuturnya. 

"Kita semua sadar bahwa remaja adalah aset bangsa yang sangat berharga. Mereka adalah calon pemimpin masa depan yang akan menentukan arah kemajuan negara dan daerah kita dimasa mendatang," ujarnya.

Disampaikannya bahwa Duta Genre ini adalah sebagai pusat informasi konseling remaja yang mampu menjadi jembatan komunikasi yang efektif, memberikan dukungan emosional dan mental bagi para remaja lainnya.

"Disinilah peran penting pusat informasi konseling remaja sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi mereka untuk berbagi, mencari solusi, dan mendapatkan bimbingan," imbuhnya.

Diharapkannya agar perhatian, komitmen, kerja, keras dan gotong royong dalam merencanakan dan melaksanakan program-program kerja akan membawa kemaslahatan bagi anak-anak remaja di Kabupaten Kutai Kartanegara dan dapat dioptimalkan implementasinya agar remaja Kukar dapat tumbuh dan berkembang dengan cemerlang. 

Peserta finalis yang mengikuti Duta Genre 2024 sebanyak 40 orang yang berasal dari MAN 2 Kukar, SMAN 2 Tenggarong, SMAN 1 Sebulu, SMAN 1 Tenggarong, SMAN 1 Kota Bangun, SMAN 2 Loa Janan, SMKN 1 Tenggarong, SMKN 2 Tenggarong, MA PPKP Ribathul Khail Tenggarong, SMAN 2 Tenggarong Seberang, SMA YPK Tenggarong, dan SMAN 1 Loa Kulu. (Adv/Prokomkukar).


Tinggalkan Komentar