Melalui FJPI Kaltim, Dorong Semangat Jurnalis Perempuan 

Muhammad Akbar | Sabtu, 05 Mar 2022 12:00 WITA
Melalui FJPI Kaltim, Dorong Semangat Jurnalis Perempuan  Organisasi Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI)

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Organisasi Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) adalah salah satu komunitas insan pers wanita yang dibentuk untuk lebih memberikan motivasi dan semangat serta peningkatan kompetensi dalam menjalankan profesionalisme Jurnalis.

Diketahui bahwa FJPI juga menjadi wadah serikat pekerja dalam memperjuangkan kesejahteraan jurnalis perempuan, termasuk memberikan perlindungan hukum bagi jurnalis perempuan dalam pelaksanaan tugasnya.

Pengembangan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) kini sudah merambah di Kalimantan Timur, bertepatan pada tanggal (5/3/2022) kemarin, pengurus FJPI Kaltim resmi dibentuk oleh Ketua Umum FJPI Pusat melalui virtual.

Pengukuhan ini dihadiri oleh sebelas perwakilan FJPI cabang di seluruh daerah, yakni yakni Sumatra Utara, Aceh, Jambi, Sumatra Barat, Riau, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Ketua Umum FJPI Pusat Uni Zulfiani Lubis menyampaikan, FJPI merupakan sebuah organisasi yang menghimpung para jurnalis perempuan, dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi jurnalis, serta mereka bisa menjadi jurnalis yang lebih profesional.

“Kami berharap semoga teman - teman jurnalis perempuan yang sudah terbentuk dan tergabung di dalam Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) di beberapa daerah, agar terus melakukan kegiatan jurnalis dengan baik, terlebihnya harus memperhatikan pemberitaan yang berorientasi permaslahan kasus perempuan dan anak,” katanya. 

Lanjut kemudian Ia juga berpesan, FJPI harus penuh integritas dan tidak melakukan perbuatan yang mengurangi citra jurnalis, seperti merugikan orang lain termasuk meminta - minta, hal itu sangat dilarang keras FJPI sebagai organisasi yang independen.

Sementara dari Ketua FJPI Kaltim Yuni Wahyuni, juga menyampaikan bahwa Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) selain sebagai organisasi jurnalis, juga menjadi wadah bagi jurnalis perempuan yang dapat melahirkan ide - ide yang konkrit untuk disuarakan.

Maka menurut Ia dengan kehadiran FJPI di Kalimantan Timur, sangat disyukuri karena mengingat organisasi tersebut dapat memberikan wajah baru dan semangat bagi para jurnalis perempuan untuk bisa bersatu dalam meningkatkan kualitas, serta pengembangan program dalam menjalankan kegiatan jurnalis secara umum di Kaltim.

“Kami sangat berharap FJPI di Kalimantan Timur, selain menjadi wadah jurnalis perempuan, juga bisa menjadi instrumen penyelenggara informasi yang lebih baik dan terpecaya, terutama informasi yang berkaitan dengan kasus kekerasan perempuan dan anak,” terangnya Ketua FJPI Kaltim Yuni Wahyuni.

Ia pun akan segera melakukan rapat - rapat kerja dalam rangka melakukan penggodokan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan dimasa kepemimpinannya.  (sumber FJPI kaltim)


Tinggalkan Komentar