Pentingnya Sinergi untuk Melahirkan SDM Berkualitas di Kalimantan Timur

Muhammad Rusli | Senin, 11 Apr 2022 12:00 WITA
Pentingnya Sinergi untuk Melahirkan SDM Berkualitas di Kalimantan Timur Foto; Proses Praktik Pengelasan

gerakanaktualnews.com, Balikpapan - Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu investasi penting dalam meningkatkan daya saing daerah.

Hal tersebut sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi prioritas pembangunan nasional, yang tentunya membutuhkan sinergi dari berbagai pihak. 

Menyadari pentingnya sinergi dalam mewujudkan tujuan TPB/ SDGs, Abdul Syahid, S.E selaku Kepala Balai Latihan Kerja Industri Mandiri (BBLKI) Kutai Timur memberikan apresiasi atas sinergi yang dihadirkan oleh PT. Sanggar Sarana Baja (SSB), melalui Program Training of Trainer.

“BLK Kutai Timur mengucapkan terima kasih banyak kepada SSB yang telah berkenan memberikan Training of Trainer. Kami berharap ke depannya banyak perusahaan lain yang dapat mengikuti langkah dari SSB,” jelas Abdul Syahid, S.E. Jumat (8/4) lalu.

Mengungkapkan hal yang sama, Abdul Wahab S. Pd.T sebagai Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Balikpapan Bidang Humas turut mengucapkan rasa terima kasihnya karena program tersebut sangat jarang didapatkan.

“Program ini membuka wawasan SMKN 1 Balikpapan akan tuntutan serta kebutuhan pengelasan, harapannya terjadi proses transfer ilmu dari industri ke guru dan ke siswa”.

Dalam pelaksanaan program Training of Trainer tersebut, setiap peserta akan melalui serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuannya dalam berbagai situasi.

Rangkaian tersebut diawali dengan pelatihan pengelasan di Training Center SSB, On Job Training (OJT) selama sepekan di workshop SSB Balikpapan, hingga pelatihan menjelang sertifikasi dari BNSP.

Selanjutnya para peserta akan menempuh ujian sertifikasi BNSP KKNI level 3 setelah berhasil maka para peserta tersebut telah dinyatakan kompeten dan berhasil mendapat sertifikasi langsung dari BNSP.

“Program ini sudah lama kami tunggu dan akhirnya bisa terlaksana dengan baik bersama SSB. Semoga ilmu yang didapat oleh instruktur kami bermanfaat bagi masyarakat Kutai Timur,” jelasnya,” tambah Abdul Syahid, S.E.

Mewakili para peserta dalam program Training of Trainer SSB, Muhammail A. Md selaku Instruktur Mahir Kejuruan Teknik Las Balai Latihan Kerja Industri Mandiri (BBLKI) Kutai Timur dan Setiyo, S.Pd selaku Guru Teknik Pengelasan SMKN 1 Balikpapan merasa sangat senang dan bersyukur, karena program pelatihan untuk menambah skill di bidang pengelasan adalah sesuatu yang sudah mereka impikan sejak dulu.

“Semoga ke depannya bisa lebih banyak instruktur lain yang mendapat kesempatan pelatihan ini dan ilmu yang didapatkan ini bisa kami salurkan kembali baik kepada para ke para siswa dan instruktur lainnya,” ungkap mereka.

Pelaksanaan CSR Program Training of Trainer dari SSB ini ditujukan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), dimana Tujuan itu sendiri adalah komitmen global dan nasional dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat yang mencakup 17 tujuan.

Dengan diselenggarakannya program Training of Trainer ini, SSB turut mendukung pembangunan yang berkelanjutan setidaknya 3 tujuan diantaranya adalah Pendidikan, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

“Kami menyadari bahwa upaya pencapaian target TPB/SDGs ini menjadi prioritas pembangunan nasional yang tentunya memerlukan sinergi dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan program tersebut, sekaligus juga kembali mengajak segenap elemen masyarakat untuk turut andil dan mendukung tujuan dari program ini,” pungkas Johan Budisusetija selaku Direktur PT SSB. (*)


Tinggalkan Komentar