KBBKT Segera Menggelar Aruh Ganal Budaya Banjar Tahun 2020

Muhammad Akbar | Selasa, 10 Mar 2020 12:29 WITA
KBBKT Segera Menggelar Aruh Ganal Budaya Banjar Tahun 2020 Ir. H. Ismunandar,MT, segera mengadakan pagelaran Aruh Ganal Budaya Banjar Tahun 2020, yang akan digelar 3 hari dimulai dari tanggal 13 s/d 15 Maret 2020 mendatang.

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA - Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) dibawa pimpinan Ir. H. Ismunandar,MT, segera mengadakan pagelaran Aruh Ganal Budaya Banjar Tahun 2020, yang akan digelar 3 hari dimulai dari tanggal 13 s/d 15 Maret 2020 mendatang.

Pagelaran Aruh Ganal Budaya Banjar, di pusatkan di Gedung Olah Raga Segiri Samarinda dengan melibatkan perwakilan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di seluruh wilayah Indonesia, dan bahkan mengundang beberapa Negara.

Pada pagelaran tersebut, akan menampilkan berbagai jenis seni budaya Banjar diantaranya, wayang kulit Banjar, Lamut, Mamanda, Kuda Gipang, Madihin, Kuntaw, Tari Japin, Tari pirik dan Seminar Sejarah Banjar.

 

Selain itu juga diadakan lomba Seni Banjar, sepertinya Mahalabiu, berbalas pantun, vokalis lagu Banjar, cipta lagu Banjar, meolah wadai Banjar, meolah masakan Banjar, kreasi busana Banjar, musik panting, jalan santai dan expo UKM.

Menurut ketua umum kerukunan bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) Ir.H. Ismunandar, yang juga selaku Bupati Kutai Timur menyebutkan bahwa tujuan dilaksanakan pagelaran Aruh Ganal Budaya Banjar, adalah untuk lebih mendongkrat Budaya seni Banjar di seluruh pelosok tanah air bahkan di manca Negara.

 

“kami ingin lebih mengembangkan budaya seni Banjar, karena beberapa tahun terakhir sepertinya sudah mulai terkikis dan nyaris tidak terlihat lagi gaungnya,” ujar Ketum KBBKT H.Ismunandar, pada acara pemantapan panitia persiapan pelaksanaan Aruh Ganal Budaya Banjar di Hotel Mesra Samarinda. Senin (9/3/2020) malam.

 

Lebih lanjut Ismunandar,” menghimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur agar dapat ikut berpartisipasi serta dapat menikmati beberapa kegiatan pagelaran seni dan lomba serta sajian – sajian yang menarik,” ungkapnya.

 


Tinggalkan Komentar