13 Views

gerakanaktualnews.com, SEPAKU – Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri peresmian Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Jumat 11 Oktober 2024.

Peresmian RS Hermina Nusantara ditandai penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo, dihadiri ibu Iriana Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Dr Pratikno, Menteri PUPR juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Kapolda Kaltim Irjen Polisi Nanang Avianto, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Pjs Bupati PPU Muhammad Zainal Arifin.

Sebelum acara peresmian, Presiden Jokowi terlebih dulu meninjau rumah sakit dan melihat berbagai fasilitas yang dimiliki RS Hermina Nusantara.

Rumah sakit yang dibangun PT Medikaloka Hermina Tbk ini menurut Presiden, berbeda dari rumah sakit yang banyak dikunjungi dan diresmikannya selama ini.

“Rumah sakit ini memiliki desain dan interior seperti hotel bintang lima,” ucapnya.

Presiden pun menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Medikaloka Hermina Tbk yang memiliki respon cepat membangun rumah sakit di kawasan ibu kota negara baru Republik Indonesia.

“Praktis hanya dibangun dalam 10 bulan. Dan sekarang bisa operasional menerima pasien,” sebutnya.

Terbangun dan beroperasinya RS Hermina Nusantara akan menambah konfidensial (kepercayaan) masyarakat, khususnya para ASN yang akan beraktifitas di kementerian/lembaga dari Jakarta ke kawasan IKN sejak November mendatang.

Fasilitas-fasilitas yang biasa ditanyakan para ASN yang dipindahtugaskan adalah kalau anak-anak mereka sakit, adakah rumah sakit.

“Sekarang saya bisa jawab ada. Yaitu Rumah Sakit Hermina,” tegasnya.

Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk dr Hasmoro menjelaskan RS Hermina Nusantara merupakan rumah sakit ke 50 yang dibangun Hermina Group dalam mendukung program Pemerintah dalam pelayanan kesehatan, khususnya di IKN.

“Rumah Sakit Hermina Nusantara bertaraf internasional dan pertama bagi Hermina Group,” katanya.

RS Hermina Nusantara dibangun diatas lahan seluas 20.700 M2 dengan luas bangunan masterplan 28.210 M2 memiliki kapasitas 200 tempat tidur

“Saat ini telah selesai 5 lantai dan dilanjutkan masterplan 8 lantai, Sekarang dibuka 50 tempat tidur dan setelah grand opening dilanjutkan untuk mencapai 100 tempat tidur diawal 2025,” ujarnya.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengapresiasi diresmikannya RS Hermina Nusantara sebagai fasilitas pelengkap IKN, sekaligus jaminan tersedianya sarana pelayanan kesehatan bagi ASN dari kementerian/lembaga.

“Semoga saatnya nanti RS Hermina Nusantara sudah bisa beroperasi penuh melayani para ASN dan masyarakat,” harapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *