Budi Daya Ternak Kambing di Desa Jembayan Tengah, Sangat Berkembang

Muhammad Akbar | Kamis, 19 Nov 2020 12:00 WITA
Budi Daya Ternak Kambing di Desa Jembayan Tengah, Sangat Berkembang Adapun jenis kambing yang diternak adalah jenis kambing PE dan kambing ketawa,”Alhamdulillah, dalam waktu satu tahun beternak kambing, ini bisa berkembang dan beranak hingga mencapai 92

gerakanaktualnews.com, TENGGARONG - Ketua Kelompok Tani Ternak (Poktan) Kambing Lestari, Desa Jembayan Tengah kecamatan Loa Kulu, Nyoman Dayou bersama 36 anggotanya mengembangkan budidaya ternak kambing.

"Jika budidaya kambing dikembangkan dengan konsisten maka kedepannya akan membantu meningkatkan ekonomi warga sekitar," ungkap Nyoman. Kepada awak media pada saat memberikan makan ternak kambingnya. (19/11/2020).

Pihak perusahaan sekitar mensupport dan memberikan bantuan bibit indukan kambing sebanyak 10 ekor sebagai uji coba tahap awal, dan kemudian setelah induk kambing tersebut berkembang atau beranak, maka kembali mereka ditambahkan lagi induk kambing sebanyak 26 ekor dari pihak perusahaan.

Adapun jenis kambing yang diternak adalah jenis kambing PE dan kambing ketawa,”Alhamdulillah, dalam waktu satu tahun beternak kambing, ini bisa berkembang dan beranak hingga mencapai 92 ekor,”ungkap Nyoman.

Lanjut Nyoman bahwa, bahkan kotoran kambing juga dimanfaatkan sebagai pupuk alami, dan kesuburan tanah lebih baik dengan menggunakan kotoran kambing ketimbang menggunakan pupuk buatan,”Apalagi di Jembayan ini kan rata-rata petani sayur dan sangat cocok untuk kotoran kambing,”tandasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar