BLKI Bonles Rencana Diserahkan Ke Pemkot Bontang

Reihan | Jumat, 12 Mar 2021 12:00 WITA
BLKI Bonles Rencana Diserahkan Ke Pemkot Bontang Muhammad Irfan Anggota Komisi I DPRD Bontang

gerakanaktualnews.com, Bontang - Muhammad Irfan Anggota Komisi I DPRD Bontang, mendorong pemerintah Kota (Pemkot) Bontang untuk segera melakukan permohonan pengelolaan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Bontang lestari.

Diketahui bahwa Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) di Bontang Lestari, itu masih dalam pengawasan pihak provinsi Kalimantan Timur, hingga saat ini.

Menurut Muhammad Irfan, BLKI tersebut perlu pengelolaan dan penambahan perlengakapan pelatihan, dalam rangka untuk mengoptimalkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya di Kota Bontang.

“Kami berharap keberadaan BLKI di Bontang Lestari, nantinya dapat lebih maksimal untuk menciptakan tenaga kerja yang cukup terampil dan berkualitas serta berdaya saing dalam berinovasi,” ungkapnya kepada awak media melalui Via telpon. Jumat (12/3/2021).

Selain itu, pemerintah sendiri sudah berkomitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan BLKI. Hal itu sejalan dengan peraturan daerah (Perda) Bontang Nomor 01 Tahun 2009 tentang kewajiban perusahaan memberdayakan 75 persen tenaga kerja lokal.

“Kami berharap BLKI Bontang Lestari, agar dapat dikelola sendiri oleh Pemkot Bontang, karena pengawasannya lebih dekat dan mudah dijangkau, dan kemudian bisa lebih rutin menggelar pelatihan yang ditunjang dengan fasilitas yang memadai, sehingga ketersediaan 75 persen tenaga kerja lokal dapat terpenuhi,” terangnya Irfan panggilan akrabnya.

Lanjut kemudian Irfan mengatakan, pertemuan dengan Disnaker Kaltim pada kunjungan kerjanya, untuk mengetahui mekanisme proses pelimpahan pengelolaan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Bontang Lestari dari Provinsi ke Pemerintah Daerah (Pemda).

“Disnaker Kaltim menyambut baik wacana itu. Tinggal kesiapan Pemkot Bontang mengajukan proses hibah ke Gubernur Kaltim,” tandasnya. (adv)


Tinggalkan Komentar