Capaian Daya Serap Anggaran di Disdikbud Kaltim Jadi Sorotan Komisi IV DPRD Kaltim

Wahyu Retno | Rabu, 25 Okt 2023 12:00 WITA
Capaian Daya Serap Anggaran di Disdikbud Kaltim Jadi Sorotan Komisi IV DPRD Kaltim Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Salehuddin

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Salehuddin, menyoroti capaian daya serap anggaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim yang masih kurang memuaskan.

"Kami berharap Disdikbud Kaltim dapat lebih efisien dalam penggunaan waktu yang ada," ujar Salehuddin dalam pernyataannya.

Salehuddin menyebutkan, pihaknya telah berupaya berkomunikasi mengenai capaian daya serap tersebut dan meminta penjelasan dari Disdikbud Kaltim. Salehuddin mengakui bahwa ada beberapa faktor kendala, seperti permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpengaruh terhadap proses lelang.

Lebih lanjut, Salehuddin menyatakan bahwa kemampuan SDM dalam mengelola program yang telah direncanakan dan disetujui juga memainkan peran penting dalam pencapaian daya serap anggaran. Ia berpendapat bahwa jika SDM dapat mengelola program dengan baik, maka Disdikbud Kaltim dapat mencapai daya serap anggaran yang lebih tinggi.

"Kita perlu memperhatikan kemampuan SDM dalam mengelola program sebagai salah satu faktor kunci," tegas politisi dari Fraksi Golkar tersebut.

Salehuddin menambahkan bahwa untuk mengatasi capaian daya serap anggaran yang masih minim, Disdikbud Kaltim diharapkan dapat melakukan terobosan yang akan meningkatkan kinerja dan pemanfaatan APBD Kaltim tahun 2023.

"Kami berharap kepemimpinan Disdikbud Kaltim mampu menghasilkan inovasi dalam waktu yang tersedia agar anggaran yang telah dialokasikan dapat memberikan dampak positif pada pendidikan di Kaltim," pungkasnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar