Komisi III DPRD Kaltim Usulkan Pembangunan Fly Over Simpang Empat Karang Paci Samarinda

Wahyu Retno | Senin, 23 Okt 2023 12:00 WITA
Komisi III DPRD Kaltim Usulkan Pembangunan Fly Over Simpang Empat Karang Paci Samarinda Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang


gerakanaktualnews.com, Samarinda — Kondisi jalan di simpang empat Karang Paci (MT Haryono, Teuku Umar, Tengkawang, dan M. Said) kian memprihatinkan. Jalan yang memiliki tanjakan, turunan dan tikungan yang cukup ekstrem tersebut beberapa kali kerap memakan korban kecelakaan.

Untuk itu, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mengusulkan pembangunan jalan layang (fly over) di simpang empat Karang Paci tepatnya antara Jalan MT Haryono menuju Teuku Umar Kota Samarinda. 

Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang mengatakan, rencana pembangunan fly over tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pengguna jalan karena dapat mengurangi kemacetan dan juga resiko kecelakaan lalu lintas di area jalan tersebut.

"Hal yang cukup menarik perhatian saya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) beberapa waktu lalu, saya merasa aspirasi saya didengar. Yaitu atas pengusulan pembangunan fly over di simpang empat MT Haryono menuju ke sini (Teuku Umar). Karena crowded banget, kan dari Jalan M. Said, MT Haryono, Tengkawang dan Teuku Umar," jelasnya.

Veri juga menjelaskan, terkait rencana pembangunan fly over tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA) Kaltim akan melakukan analisis terlebih dahulu.

"Tahun 2024 kami sudah mulai anggarkan untuk Feasibility Study (FS)-nya. Setelah FS baru bisa disusun Detail Engineering Design (DED) untuk dilakukan penganggaran fisiknya," tambahnya.

Sebagai langkah awal, FS dilakukan untuk menguak kelayakan rencana proyek, juga untuk mengungkapkan kekuatan dan kelemahan proyek yang diusulkan secara objektif. Setelah itu, baru akan dilanjutkan ke tahap DED atau detail gambar kerja untuk mengetahui besaran anggaran fisik yang digunakan.

"Kemungkinan kita bisa mulai bangun di tahun 2025, tetapi dari sekarang sudah mulai dibuat perencanaannya," tutup Veri (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar