Komisi IV DPRD Kaltim, harap pendidikan vokasi dimaksimalkan

Muhammad Rusli | Kamis, 25 Feb 2021 12:00 WITA
Komisi IV DPRD Kaltim, harap pendidikan vokasi dimaksimalkan Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Henry Pailan Tandi Payung. Bahwa ada sejumlah keunggulan pendidikan vokasi yang diantaranya, lebih banyak praktik dari pada teori.

gerakanaktualnews.com, Samarinda - DPRD Provinsi Kalimantan Timur, melalui Komisi IV meminta pemerintah Pemprov Kaltim agar lebih memperhatikan sektor pendidikan, salah satunya dengan memaksimalkan pendidikan vokasi.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Henry Pailan Tandi Payung. Bahwa ada sejumlah keunggulan pendidikan vokasi yang diantaranya, lebih banyak praktik dari pada teori, memiliki lebih banyak pilihan sekolah, program jurusan yang lebih beragam, dan memiliki kesempatan karir yang sesuai minat.

Selain itu, kesempatan bekerja yang lebih luas, mendapatkan keahlian dan pengalaman dalam waktu singkat karena mengedepankan simulasi sehingga ketika lulus tidak sulit untuk beradaptasi, dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Seperti diketahui, pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma satu sampai empat atau setara dengan strata satu.

“Memastikan telah dilaksanakannya revitalisasi pendidikan vokasi di daerah menjadi salah satu tanggung jawab utama pemerintah daerah. Oleh sebab itu sudah harus dipersipakan sehingga ketika belajar tatap muka dibuka kembali bisa langsung teraplikasi dengan baik,” katanya.

Pihaknya mengakui bahwa pendidikan vokasi masih terhadap beberapa kekurangan dan masih perlu dilakukan evaluasi. Namun dikatakannya lagi agar berjalan optimal penting diadakan kerjasama dengan kementerian terkait dalam rangka kerjasama dengan sekolah luar negeri.

Ditambahkannya, tenaga kerja yang berdaya saing dan terampil salah satu di antaranya dilahirkan dari pendidikan vokasi yang bermutu dan relevan dengan tuntutan dunia kerja yang terus menerus berkembang.  (adv)


Tinggalkan Komentar