Kuliah Kunjungan Mahasiswa FKIP Unmul ke DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub Buka Wawasan Politik

Wahyu Retno | Kamis, 02 Nov 2023 12:00 WITA
Kuliah Kunjungan Mahasiswa FKIP Unmul ke DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub Buka Wawasan Politik Kuliah Kunjungan Mahasiswa FKIP Unmul Ke DPRD Kaltim

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan kuliah kunjungan ke Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada, Kamis (2/11/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah pengantar ilmu politik yang mereka ikuti.

Ditemui seusai memberikan materi, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub, membeberkan tujuan dari kunjungan ini adalah memberikan pemahaman praktis tentang bagaimana politik diwujudkan dalam tindakan nyata di lingkungan DPRD.

"Hari ini mereka (mahasiswa FKIP Unmul) saya bawa ke sini untuk melihat praktek politim senyatanya itu seperti apa di DPRD. Mereka bisa melihat di gedung DPRD sendiri, salah satu implementasi dari sebuah politik kekuasaan DPRD, jadi mereka belajar teori ilmu politik," jelas Rusman.

Rusman menerangkan, bahwa kunjungan mahasiswa Unmul ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk melihat bagaimana DPRD beroperasi sebagai bagian dari politik kekuasaan sehari-hari, sehingga mereka memahami teori politik perlu diikuti dengan pemahaman tentang praktik politik yang sebenarnya.

Ia juga menambahkan, kunjungan mahasiswa Unmul ke DPRD adalah bukti bahwa lembaga legislatif bukan hanya tempat pembuat kebijakan, tetapi juga sebagai tempat untuk menimba ilmu.

"Menurut saya, praktek langsung ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai bagaimana di DPRD itu memproduksi kebijakan, tidak semudah yang mereka bayangkan. Karena selama ini kan, kebanyakan umumnya masyarakat mengatakan bahwa DPRD kerjanya hanya duduk, diam dan duit. Menurut saya jnj adalah bagian dari proses pendidikan politik secara nyata dan langsung," imbuhnya.

Lebih jauh, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, dengan adanya kunjungan mahasiswa ke DPRD Kaltim, dapat memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang tugas dan tanggung jawab anggota DPRD.

"Selama ini, mahasiswa seringkali menganggap lembaga DPR adalah tembok, tetapi dengan ini mereka jadi mengetahui secara utuh yang dilakukan anggota DPR. Jadi tidak hanya datang ke sini saat demo saja, tapi datang ke sini juga sambil memberikan masukan dan menimba ilmu," tutupnya.

Rusman menyatakan, kunjungan seperti ini juga terbuka untuk publik. DPRD Kaltim mendorong partisipasi dan pemahaman masyarakat tentang kerja lembaga legislatif, sehingga kunjungan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk sekolah menengah dapat terus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman politik yang lebih baik. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar