Lahan Tambang Jadi Tempat Wisata Menjamur Di Kaltim, Sebut Muhammad Samsun

Wahyu Retno | Selasa, 24 Okt 2023 12:00 WITA
Lahan Tambang Jadi Tempat Wisata Menjamur Di Kaltim, Sebut Muhammad Samsun Wakil Ketua I DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Kian menjamurnya usaha pariwisata dengan memanfaatkan lahan eks tambang batu bara, ditanggapi serius Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. Menurut politisi dari PDI Perjuangan itu, pembangunan kawasan wisata itu sangat baik, tapi juga harus tetap diminta tanggungjawab pengusaha dalam hal reklamasi kawasan tambang.

 

“Keterlibatan pengusaha membangun eks tambang itu sangat bagus. Namun tetap jangan melupakan kewajiban pengusaha pertambangan melakukan reklamasi lahan yang telah digali,” ujar Samsun.


Dia mengakui ada trend pengusaha beramai-ramai tempat wisata, karena ingin menghindar dari kewajiban reklamasi. Para pengusaha ini berusaha mengurus alih fungsi lahan dengan alasan sektor wisata menjadi andalan untuk mendapatkan pendapatan asli daerah.


“Pariwisata itu bagus prospeknya. Ada pembangunan tempat-tempat wisata. Tapi, jangan sedikit-sedikit digali kemudian dijadikan tempat wisata yang belum layak dan akhirnya ada korban,” kata Samsun.


Korban yang dimaksud Samsun adalah karena banyak kejadian, kawasan eks galian tambang yang telah menjadi danau, tidak direklamasi kedalamannya sehingga ketika ada yang mandi dan berenang di kolam itu akhirnya tenggelam.


Selain itu, anggota legislaif Fraksi PDI Perjuangan itu mengingatkan para penambang harus membayar pajak, royalti, dan iuran lain yang berkaitan dengan kegiatan pertambangan.


“Saya mengapresiasi upaya pemerintah daerah dan swasta yang telah mengembangkan beberapa tempat wisata berbasis tambang di Kalimantan Timur, seperti Danau Biru di Kutai Kartanegara dan Bukit Pelangi di Berau,” ujar Samsun.


Tempat-tempat wisata tersebut, menurutnya, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menarik minat wisatawan, dan kalau itu layak dan aman tentu mendapat dukung. (adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar