Samsun Dukung Program Hilirisasi di Kaltim

Wahyu Retno | Selasa, 24 Okt 2023 12:00 WITA
Samsun Dukung Program Hilirisasi di Kaltim Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun, dengan penuh antusias menyambut program Hilirisasi yang menjadi inisiatif Presiden RI Joko Widodo.

Menurutnya, Kaltim harus segera menerapkan Hilirisasi mengingat kekayaan sumber daya alam yang melimpah di Benua Etam ini.

"Hilirisasi harus segera dilakukan, tentunya demi mengoptimalkan pemanfaatan SDA di Kaltim yang melimpah," pungkasnya.

Di samping sektor pertambangan, Samsun mengungkapkan bahwa Kaltim telah memiliki banyak pabrik pengolahan minyak kelapa sawit mentah (CPO).

Kini, Kaltim perlu mempertimbangkan produk turunan untuk mengoptimalkan industri kelapa sawit dari tahap awal hingga akhir.

Namun, saat membahas pemanfaatan lahan pascatambang, Samsun mengakui bahwa meskipun ide tersebut menarik, pelaksanaannya masih menjadi tantangan yang sulit.

Ia menduga bahwa tanah bekas tambang mungkin mengandung zat asam yang dapat mempengaruhi kesuburan tanah, membuatnya tidak produktif untuk kegiatan penanaman kembali.

"Kalaupun bisa, butuh usaha yang lebih besar. Gimana tanahnha agar gembur lagi dan juga perlu menambah unsur hara dalam tanah tersebut," tandasnya (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar