Samsun: Wakil Ketua DPRD Kaltim, minta tuntaskan sengketa tanam tumbuh lahan warga

Muhammad Rusli | Jumat, 26 Feb 2021 12:00 WITA
Samsun: Wakil Ketua DPRD Kaltim, minta tuntaskan sengketa tanam tumbuh lahan warga Samsun menanggapi hal tersebut, agar semua pihak yang terkait dapat bekerjasama menuntaskan masalah.

gerakanktualnews.com, Samarinda - Beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Samsun. membahas soal tuntutan ganti untung tanam tumbuh milik warga Desa Sungai Merdeka terkait pembangunan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan. 

Samsun menanggapi hal tersebut, agar semua pihak yang terkait dapat bekerjasama menuntaskan masalah, terkhusus dengan menuntaskan persoalan tuntutan ganti untung tanam tumbuh warga Desa sungai Merdeka.

“Kita Harus melakukan mediasi terhadap warga, agar tidak berlarut dan tidak menimbulkan masalah dari kedua belah pihak,” ujarnya. 

Termasuk tim satgas yang menangani yaitu satgas A dan Satgas B. Yang jelas terkait tanah di Sungai Merdeka Kilometer 38 itu karena ada perluasan tol. Sehingga belum dibentuk satgas dan pembebasannya belum dilakukan. Sehingga nanti kami akan koordinasi dengan pihak Dinas PUPR, urai Samsun.

Ia menambahkan terkait seperti apa prosesnya, seperti pertimbangan perlu tidaknya dibentuk satgas dulu atau langsung dieksekusi oleh Dinas PUPR Kaltim. Samsun menjelaskan bahwa akan mendorong pihak PUPR untuk menuntaskan jika belum ada rencana penyelesaian.

Sementara itu sesama koleganya di DPRD Kaltim, Ketua Komisi I Jahidin juga senada, secara tegas mengatakan bahwa terkait tuntutan tanam tumbuh oleh masyarakat, hal ini tidak bisa dikesampingkan. Sebab ada hak masyarakat yang melekat didalam sana.

Yang perlu dipahami juga bahwa pemerintah perlu hati-hati. Sehingga untuk tanam tumbuh kita dorong pemerintah untuk membayar tanam tumbuh milik masyarakat yang berasal dari jerih payah perjuangan masyarakat, kata Jahidin.  (adv)


Tinggalkan Komentar