Sapto Harap Bandara SAMS Sepinggan Bisa Jadi Terbaik di Indonesia

Wahyu Retno | Sabtu, 04 Nov 2023 12:00 WITA
Sapto Harap Bandara SAMS Sepinggan Bisa Jadi Terbaik di Indonesia Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono

gerakanaktualnews.com, Samarinda - Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Kaltim, melalui Anggota Komisi II bidang ekonomi, Sapto Setyo Pramono, berharap Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan terus dibenahi menjadi terbaik se-Indonesia. 

Mengingat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) tentunya bandara SAMS akan menjadi bandara internasional andalan lalulintas penumpang masuk ke IKN.

Meskipun nantinya di kawasan IKN akan dibangun juga bandara VIP, tapi menurut politisi kelahiran Madiun 10 January 1981 itu, Bandara SAMS Sepinggan tetap akan padat seiring dengan tingginya aktivitas manusia keluar dan masuk provinsi ini.

“Toh, walaupun nantinya di IKN ada bandara VIP, tetap bandara domestiknya kan di sepinggan,” kata Sapto.

Sejalan kian meningkatnya aktifitas bandara SAMS Sepinggan, Sapto menjelaskan, pihak pengelola PT Angkasa Pura I akan terus melakukan pengembangan dan penambahan fasilitas bandara itu. Diantaranya terkait runway selain diperpanjang dari 2.500 meter menjadi 3.250 meter, juga akan ditambah lebarnya.

Selain memperpanjang runway, Sapro mendapat informasi akan dilakukan pengembangan mulai tahun 2023 hingga 2030. Fasilitas yang ditambah adalah pemanfaatan bandara lama dan perluasan terminal. Juga menyangkut kapasitas bandara.

Untuk kapasitas tampung saat ini, dari 10 juta orang per tahun baru terisi sebanyak 5 juta penumpang per tahun. Menurut Sapto, jika memanfaatkan terminal plus di bawah terminal dan hotel, bisa menampung hampir 20 juta penumpang per tahun.

“Walaupun sekarang kondisi bandara sepinggan sudah baik. Tapi tetap harus ditingkatkan lebih baik lagi. Sebab inilah pintu gerbang untuk masuk provinsi Kalimantan Timur, termasuk untuk ke IKN,” ujar Sapto. (adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar