Sapto Setyo Pramono Sebut Pengelolaan SDA di Kaltim Belum Optimal

Wahyu Retno | Minggu, 26 Nov 2023 12:00 WITA
Sapto Setyo Pramono Sebut Pengelolaan SDA di Kaltim Belum Optimal Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono

gerakanaktualnews.com, Samarinda — Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sapto Setyo Pramono, berikan tanggapannya terkait pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) di Kaltim yanh dinilai masih belum optimal dan belum memberikan kesejahteraan untuk masyarakat.

"Pengelolaan SDA di Kaltim masih belum optinal. Masih banyak SDA yang belum dimanfaatkan, akibatnya masyarakat belum merasakan manfaat dari pengelaan SDA tersebut," ujarnya.

Menurut Sapto, pemanfaatan batu bara di Kaltim yang masih belum optimal, menyebabkan eksploitasi batu bara diekspor tanpa diolah terlebih dahulu. Karena itu, ujarnya, Kaltim hanya mendapatkan keuntungan dari ekspor batu bara dan tidak memperoleh nilai tambah.

"Pemerintah daerah perlu melakukan evaluasi terhadap pengelolaan SDA di Kaltim. Perlu ada kebijakan yang mendorong pemanfaatan SDA secara optimal, sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," jelas Sapto.

Politisi Partai Golkar ini juga turut menyoroti dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan karena eksploitasi berlebihan terhadap SDA di Kaltim dan harus segera diatasi.

"Pemerintah daerah perlu melakukan upaya pelestarian lingkungan. Kerusakan lingkungan akibat eksploitasi SDA harus segera diatasi," tambahnya.

Ia mengharapkan, agar pemerintah daerah segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan pengelolaan SDA di Kaltim.

"Saya berharap pengelilaan SDA di Kaltim bisa lebih optimal dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," tutupnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar