Sutomo Jabir Apresiasi Pemkot Atas Upaya Penghapusan Aktivitas Tambang Ilegal di Kota Samarinda

Wahyu Retno | Kamis, 26 Okt 2023 12:00 WITA
Sutomo Jabir Apresiasi Pemkot Atas Upaya Penghapusan Aktivitas Tambang Ilegal di Kota Samarinda Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Sutomo Jabir

gerakanaktualnews.com, SAMARINDA — Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sutomo Jabir berikan apresiasi atas kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) dalam upaya menjadikan Kota Samarinda sebagai kota peradaban. Selain itu, ia juga mendukung langkah-langkah penghapusan aktivitas tambang di wilayah Kota Samarinda.

Menurut Sutomo, upaya yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda ini merupakan hasil kolaborasi yang kuat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov), yang setiap tahunnya memberikan dukungan finansial signifikan untuk program-program di berbagai kabupaten/kota, termasuk Samarinda.

"Pemprov selama ini mengamanahkan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA) untuk terlibat dalam penanganan persoalan di kabupaten/kota, seperti salah satunya penanganan banjir," ujarnya.

Selain itu, Sutomo juga mengungkapkan bahwa langkah penghapusan aktivitas tambang di wiliyah Kota Samarinda adalah langkah yang pantas didukung. Menurutnya, salah satu faktor penyebab banjir adalah aktivitas tambang ilegal yang telah lama berlangsung.

"Penyebab banjir diantaranya penumpukan sampah, aktivitas tambang ilegal, meluapnya aliran sungai Mahakam dan lainnya," tambah Sutomo.

Lebih lanjut, Sutomo menekankan pentingnya Pemerintah Daerah untuk memperhatikan semua aspek yang berkontribusi terhadap permasalahan tersebut. Bukan hanya di kota, tetapi juga di seluruh wilayah, sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan lebih efektif.

"Ini menjadi tugas Pemerintah Derah untuk memperhatikan semua aspek tersebut," tutupnya. (Adv/dprdkaltim)


Tinggalkan Komentar