Dukung Pemekaran Kecamatan Tenggarong, Sebut Ketua DPRD Kukar

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 07 Okt 2023 12:00 WITA
Dukung Pemekaran Kecamatan Tenggarong, Sebut Ketua DPRD Kukar Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar, Abdul Rasid sangat mendukung Kecamatan Tenggarong dimekarkan kembali karena semakin padatnya permukiman penduduk dan luas wilayah.

Pemekaran Kecamatan sangat penting dilakukan agar pelayanan publik oleh pemerintahan dapat lebih maksimal.

“Ada satu kelurahan yang jumlah RT dan penduduknya sangat padat. Dari Aspek luas wilayah juga perlu diperhatikan,” sebut Abdul Rasid, kemarin lalu.

Namun, memekarkan wilayah sebut Rasid, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti kajian akademis, serta berbagai syarat lainnya, yang harus dilengkapi. Dan ini, kami di DPRD menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Kukar.

“Biasanya, harus ada kajian akademis dari Badan Riset dan Inovasi Daerah(BRIDA),” ucap politisi Golkar Kukar ini.

Rasid menyebut lagi, manfaat pemekaran adalah memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi masyarakat tidak terlalu jauh, jika harus berurusan ke kantor pemerintahan. Dan Rasid meyakini, pemekaran akan memberikan porsi pembangunan lebih merata.

“Prinsip pemekaran, adalah bermanfaat untuk masyarakat,” tegasnya.

Camat Tenggarong, Sukono menyebut, pemekaran kelurahan yang ada diwilayahnya, sudah menjadi agenda lama yang belum terwujud. Dirinya, memberikan sepenuhnya kewenangan kepada Pemkab Kukar.

“Pemekaran kelurahan menjadi kewenangan Pemkab Kukar, berdasarkan usulan masyarakat demi pemerataan pembangunan,” paparnya. (adv/dprdkukar).


Tinggalkan Komentar