Ketua DPRD Kukar Dukungan Senam Jepen Diterapkan di Sekolah

Amril Ibnu Marzuki | Sabtu, 16 Sep 2023 12:00 WITA
Ketua DPRD Kukar Dukungan Senam Jepen Diterapkan di Sekolah Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Senam Jepen layak untuk di terapkan di setiap sekolah, hal tersebut di dukung oleh Ketua Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid.  

Kemudian senam Jepen itu, juga merupakan salah satu imbauan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mewajibkan senam atau gymnastics sebagai olahraga wajib di sekolah-sekolah.

Menurutnya dengan diterapkannya di setiap sekolah, wacana itu merupakan bagian dari pelestarian seni budaya di Kutai Kartanegara. Sehingga diperkenalkan lebih luas kepada masyarakat, terutama kawula muda.

“Anak-anak sekolah harus mengerti Jepen. Jadi perlu dilestarikan baik melalui formal di sekolah maupun sanggar seni di Kukar,” kata Abdul Rasid, Jumat lalu.

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dapat segera merealisasikan rencana tersebut. Karena akan berdampak positif dalam pengembangan, baik guru olahraga maupun pencinta seni di sekolah untuk memasyarakatkan tarian Jepen.

Sebagai informasi, senam jepen merupakan perpaduan gerakan senam atletik bersama dengan tarian Jepen. Sebuah tarian tradisional asal Kutai. Kedua gerakan ini dipadukan dengan lagu tarian Jepen.

“Kalau ini bisa digaungkan, ini akan bisa menjaga nilai budaya yang ada di Kukar,” ujar Abdul Rasid. (adv/dprdkukar)

 


Tinggalkan Komentar