Tarian Khas Kutai Tampil pada Kejuaraan Dunia di Jepang

Amril Ibnu Marzuki | Minggu, 15 Okt 2023 12:00 WITA
Tarian Khas Kutai Tampil pada Kejuaraan Dunia di Jepang Rombongan Atlet Kempo Kukar yang Mengikuti Kejuaraan Dunia di Jepang

gerakanaktualnews.com, Tenggarong - Ahmad Zullfiansyah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) dari Komisi IV, menjadi ketua rombongan atlet Kempo Kukar yang mengikuti kejuaraan dunia di Jepang.

 Zullfiansyah mengatakan, tidak hanya bertekad mempersembahkan medali bagi Kukar dan mengharumkan Indonesia di kancah internasional melalui olahraga kempo, pada lawatan ke negeri yang berjuluk matahari terbit itu juga sebagai momentum memperkenalkan budaya asli Kukar ke dunia.

"Selain menambah pengalaman berharga mengikuti kejuaraan dunia, kami ada misi budaya jua, pada saat  dinner makan malam bersama seluruh peserta kejuaraan kami dari Kukar menampilkan tarian khas Kutai yaitu tari Jepen, Hudoq dan Kancet," kata Zullfiansyah, saat dikompirmasi kemarin lalu.

Diketahui, target menorehkan prestasi membawa pulang medali nyatanya bisa direalisasikan atlet Kempo Kukar pada Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo (Taikai) Internasional Studi Session 2023 di Jepang.

Atlet Kempo Kukar berhasil mempersembahkan lima medali yakni 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu serta sebanyak 8 atlet meraih predikat juara 3 bersama. Zullfiansyah menegaskan, bisa menuai prestasi di Jepang yang notabene asal olahraga Kempo merupakan hal yang patut disyukuri dan pastinya sangat membanggakan.

“Di sini (jepang) memang sarangnya, yang pasti etam (kita) sudah berupaya maksimal dan berhasil mendapatkan 2 emas 1 perak 2 perunggu, 8 juara 3 bersama," tegasnya.

Adapun atlet yang mempersembahkan medali bagi Kukar pada ajang kejuaraan dunia dipusatkan di Tokyo dan Kagawa ini yaitu Juara 1 Embu Pasangan Kyu Kenshi Putri, diraih Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizki Amalia.

Juara 1 Tandoku Kyu Kenshi Putra, oleh Gadang Mulyane Gusti. Juara 2 Embu Pasangan Putri, yaitu Nur Indah Ekayanti dan Yulia Sari. Juara 3 Embu Pasangan Putra,

Revy Pratama Syam dan Erik Syahputra. Juara 3 Embu Pasangan Kyu Kenshi Putra, Didi Rahim Ramadhan dan M. Fatur Rahman.

Diberitakan sebelumnya, tim Kempo Kukar yang berlaga di Jepang terdiri 30 atlet, 5 official, dan 6 pelatih. Rombongan dilepas Sekda Kukar H Sunggono di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, pada tanggal 3 Oktober 2023 lalu.

Even di Jepang ini tidak hanya mengikuti kejuaraan saja yang dipusatkan di Tokyo, namun juga mengikuti peningkatan kualitas, kegiatan lain yaitu study session yang dilaksanakan selama 3 hari yang diikuti pelatih dan para atlet dan dilaksanakan ujian naik tingkat di Kagawa. (Adv/dprdkukar)


Tinggalkan Komentar